Bantu Bangkitkan Minat Belajar Anak, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Ikut Serta Mengajar Anak-Anak Bimbingan Belajar di RT/RW 03/04 Kelurahan Jurumudi Baru

Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Jurumudi Baru, Kota Tangerang (02/02/2022) –Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Dari pengertian diatas, kita dapat bahwa pendidikan penting untuk mempersiapkan anak-anak supaya mereka bisa terjun dan berbaur dengan masyarakat. Pendidikan juga merupakan hak yang diterima oleh semua orang dan hal tersebut juga sudah diatur dalam perundang-undangan. Salah satu lembaga yang menyediakan pendidikan adalah sekolah dan bimbingan belajar.

Di Kelurahan Jurumudi Baru, tepatnya di RT/RW 03/04, Ibu RT membuka bimbingan belajar untuk tingkat anak usia dini (PAUD) dan pengajian malam untuk Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan harga yang terjangkau. Hal ini tentu sangat membantu masyarakat kelurahan Jurumudi Baru yang menginginkan anak mereka untuk memulai pembelajaran anak mereka sejak dini dan untuk mengasah kemampuan mereka dalam mengaji.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro ikut serta dalam membantu ibu RT 03/04 untuk mengajar anak-anak usia dini dan pengajian. Kegiatan belajar mengajar yang dimulai pada 17 Januari 2022 hingga 2 Februari ini disambut hangat oleh orang tua/wali murid dan antusias dari anak-anak. Adapun materi yang diberikan kepada anak-anak yaitu pembelajaran calistung (baca, tulis, hitung), kebudayaan Jepang dan Kota Tangerang serta bahasa Jepang dasar.

Foto Bersama dengan Anak-Anak Pengajian

Kegiatan belajar mengajar diisi dengan berbagai materi dan disampaikan dengan cara menarik untuk membangkitkan minat anak-anak dalam belajar. Cara-cara seperti menggunakan menggunakan alat bantu properti, membacakan cerita, buku-buku yang menarik, menari dan menyanyi membuat anak-anak merasa senang dalam menerima pembelajaran. Ada juga kuis untuk menguji pemahaman anak-anak dalam menerima materi yang diikuti dengan pemberian hadiah kepada anak-anak supaya lebih termotivasi dalam pembelajaran mereka. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, anak-anak bisa tetap mempertahankan semangat belajarnya dan berusaha semaksimal mungkin dalam pembelajaran mereka.

Penulis: Belinda Elvanovgracia Saragih
Dosen Pembimbing Lapangan: Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.