Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi dengan Digital Marketing

Semarang (6/2)-Pertumbuhan ekonomi yang melambat akibat pandemi Covid-19 berakibat pula pada sektor UMKM. Di masa pandemi saat ini, teknologi sangat berperan dalam meningkatkan daya beli masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada dapat mendorong sektor UMKM dalam memasarkan produknya. Untuk mencapai perwujudan SDGs tentang “Decent Work and Economic Growth” di masa  pandemi Covid-19 seperti ini, maka diperlukan untuk memperbaiki dan meningkatkan ekonomi masyarakat saat pandemi ini berlangsung bisa dimulai dari  golongan UMKM. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan atau badan usaha yang memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Pelaku UMKM dapat menyesuaikan usahanya sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berlaku. Dengan diterapkannya physical distancing, pelaku UMKM dapat memanfaatkan social media untuk mempromosikan secara online dengan menggunakan digital marketing. Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand.

Trend digital marketing merupakan bentuk kemajuan teknologi dalam dunia bisnis. Digital marketing semakin berkembang di dunia pada umumnya dan indonesia pada khususnya, semenjak pandemi Covid-2019. Adanya kebijakan pembatasan aktivitas karena pandemi, membuat trend masyarakat semakin bergeser untuk membeli segala macam produk maupun jasa melalui online. Adapun pengertian digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.Tujuan digital marketing sendiri adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat.

Keadaan pandemi saat ini, masyarakat cenderung memanfaatkan teknologi dan pelayanan yang memudahkan mereka dalam memenuhi kebutuhannya dan memungkinkan penjualan produk di luar penduduk lokal serta mengurangi kontak langsung dengan calon pembelinya. Akan tetapi, masih terdapat beberapa masyarakat yang belum memahami elemen dari digital marketing yang dapat digunakan untuk memasarkan produk. Maka dari itu, Chantika Putri Aissyah yang merupakan mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2022 membantu untuk melakukan edukasi mengenai digital marketing di wilayah Pleburan untuk memudahkan serta  memperluas segmen pasar di era pandemi Covid-19 ini.

Penulis : Chantika Putri Aissyah

Dosen Pembimbing Lapangan: Yanuar Yoga Prasetyawan S.Hum., M.Hum