Mahasiswa Undip Menyerukan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dan Branding Kampung Batik sebagai Pusat Literasi

Gemeksekti, Kebumen – Era globalisasi ditandai dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju, berimbas pada menignkatnya kebutuhan manusia akan informasi. Berbagai macam dokumen dan media telah tercipta untuk kemudahan manusia dalam menyimpan, mencari dan menyebarkan informasi. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro Tim 1 Tahun 2021/2022 dilaksanakaan di Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Desa Gemeksekti merupakan pusat pembuatan batik di Kabupaten Kebumen dan dijuluki sebagai Kampung Batik. Telah melaksanakan program bertemakan SDGs (Sustainable Development Goals).

Adanya Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang dicanangkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai bentuk upaya untuk membangun kesadaran semua elemen masyarakat terhadap pentingnya mengelola arsip. Namun sayangnya masih belum banyak mengelola arsip dengan baik.  Membangun negeri sadar arsip bukanlah hal yang mudah. Tantangannya sungguh luar biasa. Arsip dalam sudut pandang manapun tidak akan menarik perhatian jika hanya dipandang sebagai produk sampingan dari proses administrasi. Tak heran jika masyarakat masih belum menyadari pentingnya arsip bagi kehidupan. Arsip keluarga atau arsip individu bukanlah arsip yang sekedar dihasilkan oleh suatu individu atau keluarga dari kegiatan bisnis ataupun kegiatan formal saja, tetapi juga termasuk serta dapat berasal dari rekaman kegiatan pribadi, kegiatan sehari-hari, hingga kegiatan hubungan pribadi mereka dengan orang atau individu lain. Setiap keluarga tentu memiliki arsip masing-masing yang memiliki nilai guna tersendiri bagi keluarga yang bersangkutan, tetapi pada kenyataannya tidak semua keluarga memiliki penyimpanan arsip yang baik untuk kegiatan preservasi.

Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 melaksanakan program pertama dengan tema SDGs berlokasi di Balai Desa Gemeksekti pada hari Minggu, 30 Januari 2022 jam 08.00 WIB mengadakan Sadar Arsip Keluarga dalam Manifestasi E-Government. Bentuk kegiatan dari program dengan menyampaikan materi melalui flyer yang telah dibagikan kepada Ibu-Ibu PKK Desa Gemeksekti. Selesainya kegiatan ini ada sesi Tanya Jawab dan diharapkan dapat memiliki pemahaman mengenai mengelola arsip keluarga dengan baik. Melakukan sosialisasi ke masyarakat Desa Gemeksekti dalan lingkungan skala kecil yaitu Arsip Keluarga bisa disebut juga sebagai Arsip Pribadi. Untuk menjaga agar informasi yang ada dalam arsip tersebut tetap terjaga serta menghindarkan arsip dari kerusakan baik kerusakan dari ulah individu tersebut atau kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam, serta bertujuan untuk memudahkan temu kembali arsip sewaktu-waktu dibutuhkan di masa mendatang. Penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah seperti Aplikasi Arsip Emas (Elektronik Masyarakat) untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya (e-government) memudahkan masyarakat dalam menyimpan arsip dengan baik dan benar.

Program kedua dengan tema SDGs, revitalisasi pengembangan perpustakaan umum berbasis inklusi sosial merupakan sebuah inovasi untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat yang berkelanjutan dengan memanfaatkan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Namun lagi-lagi, sayangnya fakta sebagian perpustakaan di desa alih-alih untuk memberikan solusi, perpustakaan desa hanya menjadi bangunan formalitas yang wajib ada di desa, belum berfungsi sebagaimana mestinya. Sebagian besar pengelolaan perpustakaan desa belum dikelola dengan baik, vakum bahkan tak terawat dan hanya sekedar formalitas di desa. Oleh karenanya, revitalisasi perpustakaan desa diperlukan agar dapat menjadi solusi dari permasalahan pendidikan yang dihadapi akibat pandemi COVID-19. Perpustakaan Pustaka Sakti dibawahi oleh Desa Gemeksekti untuk memberikan informasi dan menyediakan fasilitas dalam melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Berikut kegiatan yang dilaksanakan berkala selama 3 minggu yaitu kegiatan bersih-bersih ruang perpustakaan dan relokasi, penataan koleksi, menyortir dan memilah berkas, manajemen perpustakaan, dan pengoptimalan branding melalui media. Dengan adanya perpustakaan dapat dioptimalkan fungsinya sebagai sumber informasi dan memberikan pengetahuan mengenai potensi yang ada di Desa Gemeksekti. Ini salah satu bentuk branding agar diketahui oleh khalayak umum. Mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 membuat e-booklet yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat adanya potensi Desa Gemeksekti.

Penulis                   : Vara Khoirunnisa (S-1 Ilmu Perpustakaan/FIB/Undip)

DPL                       : Nurhasmadiar Nandini., S.KM., M.Kes

Lokasi KKN         : Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen

#DPLDiar

#KKN_Kebumen