##Naikkan Volume Penjualan, Mahasiswa Undip Beri Pencerdasan Digital Marketing melalui Social Media pada Pelaku UMKM

Penulis : Zuhar Suroiya Tuffahissaroo

Instagram UMKM “Kalula Catering and Snack”

Semarang (02/02) –  Pandemi Covid-19 memengaruhi perekonomian masyarakat Indonesia dari berbagai aspek, hampir semua aspek perekonomian negara Indonesia terkena dampak, baik itu dampak positif maupun negatif. UKM (Usaha Kecil Menengah) yang merupakan penyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) terbesar di Indonesia juga terkena dampak. Bahkan tak jarang pula hingga menutup usahanya karena Covid-19.

Tak dapat dihindari sektor ekonomi merupakan salah atu sektor yang terpukul akan dampak yang diberikan oleh Covid-19. Kota Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki lebih dari 17.000 UMKM dimana beberapa UMKM tersebut ada yang terdampak dengan adanya wabah Covid-19. Seperti UMKM “Kalula Catering and Snack”, “Kalula Bawang Goreng”, dan “Telur Asin Doa Ibu” yang berada di RW 07, Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Logo UMKM “Telur Asin Doa Ibu”
Logo UMKM “Kalula Bawang Goreng”
Logo UMKM “”Kalula Catering and Snack”

Imbas dari pandemi covid-19 ini membuat banyak UMKM yang terhambat dalam mengembangkan usahanya. Oleh karena itu diperlukan strategi yang kreatif dan inovatif agar tetap produktif, seperti mengembangkan UMKM melalui digital marketing sehingga pelaku UMKM tetap dapat memasarkan bisnisnya dan memperluas pasar melalui sosial media. Mahasiswa KKN UNDIP 2020 Zuhar Suroiya Tuffahissaroo Program Studi Administrasi Bisnis memberikan pencerdasan digital marketing melalui sosial media pada pelaku UMKM serta membuatkan instagram untuk UMKM “Kalula Catering and Snack”. Hal ini bertujuan untuk mengajak UMKM agar memasarkan produknya secara online agar permintaan dari produk mereka meningkat serta usaha tidak mandek. Hal ini mendapat respon positif dari pemilik UMKM dikarenakan mereka belum pernah memasarkan produknya secara online.

DPL : Ir. Hermin Werdiningsih, M.T.