Mahasiswa KKN Undip Membantu UMKM Warga RW 3 Gedawang menjadi Warung modern

Gedawang, Semarang (1/2/2022) РDi masa pandemi  akses untuk melakukan kegiatan diluar rumah menjadi terbatas. Selain itu, pemerintah juga selalu menganjurkan dan mendorong masyarakat untuk tetap di rumah guna menekan angka penyebaran virus corona. Akibatnya pendapatan pelaku UMKM menjadi menurun. Media pemasaran pun kini beralih menggunakan media online agar lebih praktis dan dapat mengurangi dampak dari Covid-19.

KKN Tim 1 Undip yang berlangsung sejak 05 Januari hingga 15 Februari 2022 dengan mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat menuju Pasca Pandemi Covid-19 berbasis SDGs.

Dengan ini, mahasiswa KKN Tim I Undip dari jurusan Administrasi Bisnis membantu UMKM khususnya para pemilik usaha untuk menjadi warung modern melalui progam “Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah” di Warung salah satu warga RW 3 Gedawang, Banyumanik Semarang pada 01 Februari 2022. Progam pemberdayaan UMKM dilakukan dengan mendaftarkan warung di google maps dalam bentuk upaya untuk memperkenalkan tempat usaha agar mudah dicari oleh konsumen maupun pelanggan baru.

Memberikan leaflet cara mendaftarkan warung di google maps dan manfaat mendaftarkan tempat bisnis di google maps.
Warung yang telah terdaftar di Google maps.

Progam kegiatan ini disambut dengan baik oleh para pemilik bisnis di Gedwang. Pemilik warung merasa terbantu dan sangat terbuka dengan perubahan dan pembelajaran yang diberi oleh Mahasiswa KKN Undip.

Penulis : Nurul istiqomah
Jurusan : Administrasi Bisnis Undip 2018

Dosen : Dr.Aminah, SH, M.Si