JAUHI NARKOBA! MAHASISWA KKN UNDIP MEMBUAT GEBRAKAN ANTI NARKOBA DENGAN SOSIALISASI UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA DESA DALANGAN

Sukoharjo (30/01/2022) – Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh pemerintah, karena dapat menyebabkan rusaknya moral bangsa. Penyalahgunaan narkoba banyak terjadi di kalangan remaja. Masa remaja merupakan masa rawan dalam penyalahgunaan narkoba karena pada masa ini akan mengalami perkembangan secara fisik maupun psikis dengan beberapa perubahan. Pada masa ini, rasa ingin mencoba hal baru cukup tinggi dan kurangnya kontrol dari orang tua dapat menyebabkan penyalahgunaan narkoba sehingga dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, menganggu kestabilan sistem tubuh manusia, menghambat produksi hormon, merusak sistem tubuh dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Poster Edukasi Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja

Melihat keadaan tersebut, Masrifah Ayu Ningrum sebagai salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo berinisiatif untuk membuat  program kegiatan mengenai “Edukasi Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja Kelurahan Dalangan”. Walaupun di Desa Dalangan belum pernah ditemukan kasus penyalahgunaan narkoba namun sosialisasi tersebut bertujuan  untuk meningkatkan pengetahuan remaja mengenai penyalahgunaan narkoba sehingga dapat mencegah terjadinya kasus penyalahgunaan narkoba di Desa Dalangan.

Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja

Program kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 30 Januari 2022 dengan melakukan sosialisasi melalui Zoom Meeting untuk remaja karangtaruna Ngudi Utomo dan membuat poster yang ditempelkan di beberapa mading yang telah disediakan oleh Desa Dalangan untuk memberikan edukasi mengenai upaya pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Pada acara sosialiasai tersebut dijelaskan mengenai jenis jenis narkoba, penyebab penyalahgunaan narkoba, bahaya penyalahgunaan narkoba serta upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba yang meliputi mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha Esa, peningatan pengawasan dari orangtua, jangan pernah untuk mencoba-coba menggunakan narkotika, jauhi pergaulan yang bisa mengantarkan kita pada penyalahgunaan narkotik, memiliki kegiatan-kegiatan yang positif, berolahraga atau kegiatan organisasi yang memberikan pengaruh positif serta jangan jadikan narkoba sebagai jalan pelarian. Pada kegiatan sosialisasi tersebut juga diadakan pretest dan postest menggunakan Google Form untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dari remaja Desa Dalangan mengenai materi yang disampaikan.

Penempelan Poster Di Mading Yang Telah Disedakan Oleh Desa Dalangan

Program kegiatan terlaksana sesuai dengan harapan karena karena remaja karang taruna Ngudi Utomo sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dan hasil tes menunjukkan nilai postest lebih tinggi dari pretest yang menandakan remaja sudah paham dengan materi yang disampaikan. Diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut dapat mengurangi kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia dan mencegah penyalahgunaan narkoba di Desa Dalangan sehingga remaja karangtaruna Ngudi Utomo lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengikuti kegiatan positif sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Penulis : Masrifah Ayu Ningrum (FPP/S-1 Ilmu Peternakan 2018)

DPL    : Eva Annisa, S.Farm., Apt.

Lokasi : Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo.