Pentingnya Memupuk Jiwa Anti Narkoba Sejak Dini.

Pemaparan materidan tanya jawab kepada siswa

KLATEN. Mahasiswa KKN UNDIP 2022 mengadakan penyuluhan mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika, Sabtu, 5 Februari 2022 .

Penyuluhan tersebut digelar mengingat tidak sedikitnya kasus-kasus penyalahgunaan narkoba di Provinsi Jawa tengah, dan peredarannyapun sudah masuk ke semua elemen masyarakat, baik dari pelajar, mahasiswa, maupun para pekerja. Acara penyuluhan diikuti oleh anak-anak kelas III, IV, V, dan VI yang berjumlah 52siswa yang merupakan siswa SD N 2 Manjungan Kab. Klaten.

Kaitan dengan sosialisasi tentang narkoba, ini merupakan bentuk pencegahan kepada siswa agar mengetahi bahaya narkotika sehingga dapat waspada terhadap narkoba sekaligus memberikan informasi kepada guru, agar para guru mampu mendeteksi secara awal dari ciri-ciri anak yang terkena narkoba, pungkasnya Mahatma selaku mahasiswa KKN UNDIP 2022 Desa Manjungan

Sementara menurut salah satu mahasiswa yang juga sebagai narasumber dalam kegiatan ini Mahatma, mengatakan bahwa permasalahan narkotika yang saat ini sering terjadi, membuat khawatir akan bahayanya terutama kepada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar,mengingat peredarannya yang sangat luar biasa.

“Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menjaga anak didik kami terhindar dari narkoba, juga menghimbau semua siswa agar mengenali ragam, bentuk serta modus peredaran narkoba agar terbebas darinya. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkesinambungan, tidak berhenti disini saja.” pungkas Tugiman selaku guru Penjasorkes di SD N 2 Manjungan.

Selanjutnya Mahatma sekaligus sebagai narasumber dalam sosialisasi ini memaparkan materi yang berjudul “Sosialiasi bahaya narkoba sejak dini Bersama siswa SD N 2 Manjungan”. Sosialisasi kepada siswa bisa dikemas dalam cerita dan pemutaran film menarik, yang terpenting isinya berupa himbauan, contoh-contoh dan ajakan untuk hidup sehat tanpa narkoba,

Antusias siwa siswi SD N 2 Manjungan

Pencegahan narkoba sejak dini perlu dilakukan di berbagai kalangan, Apalagi sekarang banyak jenis makanan baru yang cukup menarik bagi kalangan anak-anak, kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan, jangan sampai makanan itu ada yang mengandung narkoba.