“KALENDER SAYURKU” Solusi Menumbuhkan Kebiasaan Konsumsi Sayur dan Buah Remaja Putri sebagai Upaya Pencegahan Stunting Sejak Dini

Semarang (6/02/22)- Stunting adalah suatu kondisi atau keadaan Kekurangan Gizi Kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih pendek dari standar usianya. Stunting mulai terjadi sejak pra konsepsi (masa sebelum kehamilan), remaja putri yang kekurangan gizi dan anemia meningkatkan risiko stunting pada anak yang akan dilahirkan. Salah satu faktor penyebab remaja putri mengalami stunting adalah kurangnya mengonsumsi sayur dan buah, adapun faktor-faktor penyebabnya ialah kemudahan dalam memesan makanan dan adanya fenomena makanan kekinian (makanan viral).

Sebagai bentuk upaya pencegahan sejak dini pada remaja putri, mahasiswa KKN Undip Tim I 2021/2022 memberikan alternatif solusi meningkatkan ataupun menumbuhkan kebiasaan makan sayur dan buah pada remaja putri khususnya pada Karang Taruna Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Kegiatan edukasi pentingnya makan sayur dan buah melalui pengisian Kalender Sayurku dilaksanakan di Kelurahan Mangunharjo yang tepatnya di Balai Kelurahan Mangunharjo dan dilakukan juga secara door to door.

Sejalan dengan Pedoman Gizi Seimbang “Isi Piringku” edukasi ini berprinsip pada konsumsi sayur 3-4 porsi per hari dan 2-3 porsi per hari konsumsi buah. Walaupun pada kenyataannya konsumsi sayur dan buah remaja putri belum sesuai dengan anjuran Pedoman Gizi Seimbang, namun adanya konsumsi sayur dan buah 1-2 porsi per hari sudah dapat mengisi kolom Kalender Sayurku. Hal ini dilakukan sebab dalam menumbuhkan suatu kebiasaan tidak dapat dilakukan dengan cepat, sehingga membutuhkan proses untuk mencapai suatu hal sesuai yang diharapkan.

Kalender Sayurku

Sedangkan, edukasi yang dilakukan secara door to door bertujuan agar edukasi ini tidak hanya didapatkan remaja putri saja tetapi orang tua terutama ibu juga dapat meningkatkan kesadaran pentingnya sayur dan buah dimasa mendatang, sehingga menumbuhkan kebiasaan sejak saat ini. Diharapkan dengan adanya Kalender Sayurku meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan kebiasaan hingga menjadi suatu kebudayaan untuk selalu makan sayur dan buah.

Penulis : Via Surya Rahadi

Semarang, 7 Febuari 2022