KEREN! Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Digital Marketing Kepada UMKM

Kegiatan Penyampaian Edukasi Digital Marketing Kepada Ibu Ali (Pemilik UMKM Peyek Kacang Ibu Ali)

BEKASI, 17/1/22 – Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan dalam tata kelola kehidupan, tidak terkecuali untuk para pelaku UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia, sebanyak 87,5% UMKM terdampak Pandemi Covid-19. Dari jumlah tersebut, sekitar 93,2% diantaranya terdampak negatif di sisi penjualan. Strategi yang tepat harus dijalankan oleh UMKM agar dapat bertahan. Salah satunya adalah mempercepat peralihan UMKM ke era digital, yaitu dengan menerapkan digital marketing.

Bertempat di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Tsaniya Zahratul’izzah sebagai salah satu peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim I Undip 2022 memberikan edukasi terkait digital marketing kepada Pemilik UMKM. Edukasi digital marketing dipilih karena berkaitan dengan SDG’s (Sustainable Development Goals) nomor Sembilan mengenai Infrastruktur, Industri, dan Inovasi. Edukasi yang disampaikan menggunakan Microsoft PowerPoint yang dibagikan melalui Whatsapp ini terdiri dari memperkenalkan apa itu digital marketing, jenis-jenis digital marketing, sampai langkah-langkah dalam memulai menerapkan digital marketing. Hal ini sebagai upaya meningkatkan pengetahuan pemilik UMKM yang nantinya akan berdampak ke tingkat penjualan yang meningkat.

Berkunjung ke Tempat Produksi UMKM Peyek Kacang Ibu Ali

Selanjutnya, Tsaniya juga berkunjung ke tempat produksi UMKM Peyek Kacang Ibu Ali untuk melihat proses pembuatan peyek kacang. Ibu Ali sendiri memproduksi peyek kacang tanah, peyek kacang hijau, serta peyek ikan teri. Selain itu, dalam kunjungannya tersebut, Tsaniya menjelaskan bagaimana menggunakan Instagram sebagai sosial media yang dipilih untuk memperluas jangkauan pasar usaha Ibu Ali. Pembuatan desain logo yang sederhana namun tetap menarik juga dilakukan agar lebih banyak konsumen yang tertarik membeli Peyek Kacang Ibu Ali.

Berdasarkan informasi yang diberikan Ibu Ali, pada bulan Ramadhan jumlah pesanan peyek kacang yang ia produksi dapat menyentuh 10 kg dalam sehari. Beliau berharap setelah menerapkan digital marketing usaha peyek kacang yang ia geluti akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Oleh    : Tsaniya Zahratul’izzah

DPL     : Dr. Ir. Eny Fuskhah, M.Si.

Lokasi : Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi