AYO MEMBACA! Mahasiswa KKN Undip Membuat Buku Sejarah untuk Menarik Minat Baca Masyarakat Desa

Penyerahan Buku kepada Bapak Kepala Desa Kalijirak, yaitu Bapak Tri Joko Susilo, S.H.

Karanganyar (7/02) KKN UNDIP Tim I berlangsung sejak 05 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022 dengan mengambil tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDG’S”.

Pelaksanaan kegiatan KKN di Desa Kalijirak, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Penulis melaksanakan kegiatan KKN sebagai wujud pengalaman Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat.

Desa Kalijirak terdiri atas 5 Dusun yaitu, Dusun Bendorejo, Dusun Jatiri, Dusun Kalijirak, Dusun Mencon, dan Dusun Gunung Watu.

Permasalahan yang masih terjadi di masyarakat Indonesia, khusunya di desa adalah kurangnya minat masyarakat untuk membaca buku. Memang terdapat alasan tertentu mengapa masyarakat desa kurang minat dalam membaca, terutama anak-anak.

Membicarakan soal membaca mungkin sebagian besar orang kurang suka membaca, apalagi membaca Buku Sejarah. Buku sejarah yang biasanya hanya berisi tulisan panjang, bukunya tebal-tebal dan membuat orang yang membaca mengantuk. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak buku sejarah yang seperti itu.

Untuk menarik minat masyarakat perlu adanya sebuah kreatifitas dalam menyajikan materi sejarah dalam bentuk buku yang menarik dan berbeda dari kebanyakan buku sejarah yang ada.

Masyarakat terutama anak-anak akan suka membaca buku bila dalam penyajian materi disediakan sebuah gambar-gambar, bila buku sejarah maka gambar-gambar tersebut berupa foto dokumentasi masa lalu. Selanjutnya lebih meringkaskan isi materi sejarah dalam buku, misal membuat “fakta menarik” dalam penyajian materi sejarah, hal tersebut akan menarik rasa penasaran pembaca mengenai materi dalam buku sejarah.

Permasalahan kurang minat masyarakat membaca buku,terutama buku sejarah banyak terjadi di berbagai daerah, salah satunya di Desa Kalijirak. Sebenarnya di Balai Desa Kalijirak terdapat sebuah bilik ruang yang berisikan buku-buku, namun koleksi buku yang tersedia terbilang terbatas.

Mengatasi permasalahan tersebut penulis selaku Tim I KKN Universitas Diponegoro melaksanakan Program Kerja Membuat Buku tentang Edisi Tokoh Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara. Dalam pelaksanaan program ini penulis membuat buku KISAH PAHLAWAN NASIONAL KI HAJAR DEWANTARA, BAPAK PENDIDIKAN NASIONAL. Tujuan pembuatan buku tersebut yaitu untuk mengenalkan Jasa Perjuangan Tokoh Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara kepada masyarakat desa, kemudian untuk menambah koleksi buku yang ada di Balai Desa dan untuk menarik minat membaca masyarakat desa.

Buku tersebut diserahkan kepada Bapak Kepala Desa Kalijirak yaitu Bapak Tri Joko Susilo, S.H. Dengan penyerahan buku ini kepada Bapak Kepala Desa Kalijirak, diharapkan masayarakat desa tak lupa dengan sejarah nasional dan tentu dapat menarik minat baca masyarakat Desa Kalijirak

Penulis dalam menyajikan materi dalam buku Kisah Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional, berupa foto dokumentasi masa lampau mengenai sepak terjang Ki Hajar Dewantara agar masyarakat tahu bagaimana masa lampau itu, selain itu penulis juga menyajikan sebuah fakta menarik yang berkaitan dengan Ki Hajar Dewantara. Tujuan penyajian fakta menarik tentu untuk menarik rasa penasaran pembaca mengenai materi buku Kisah Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional.

Buku yang Sudah Dicetak
Salah Satu Isi Buku

Penulis : Muhammad Setyo Pramono

DPL : Ir. Sulistyo, M. T., Ph.D.

Lokasi KKN : Desa Kalijirak, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar