Manfaatkan Lahan Kosong, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Warga Desa Baleadi, Kec. Sukolilo Menanan TOGA (Tanaman Obat Keluarga)

Pati (26/01/2022) – Bermacam upaya telah dilakaukan pemerintah dan masyarakat untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19. Untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 kembali dibutuhkan ketahanan keluarga dalam penangkalan Covid-19. Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2022 melaksanakan program sosialisasi dan pelatihan penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di Desa Baleadi RT 01 RW 07, Sukolilo, Pati dalam upaya meningkatkan ketahanan keluarga pada masa pandemi seperti ini.

 Tanaman atau tumbuhan obat berguna mengatasi berbagai penyakit karena memiliki kandungan zat aktif. Termasuk yang berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah penularan virus Corona.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuaan dan keterampillan masyarakat khususnya Desa Baleadi RT 01 RW 07 Sukolilo Pati dalam pemanfaatan lahan kosong untuk penanaman tanaman obat keluarga yang bisa dimanfaatkan untuk membuat minuman herbal sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19 ini serta dengan melaksanakan kegiatan penanaman secara tekun maka penanaman TOGA dapat mewujudkan prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Kegiatan sosialisasi dan pelattihan penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dilakukan secara offline dengan mengumpulkan ibu-ibu rumah tangga di Desa Baleadi RT 01 RW 07. Pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan tersebut tetap menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus covid-19. Materi yang disampaikan meliputi edukasi manfaat penanaman mengenalkan jenis-jenis, manfaat, dan pelatihan cara menanam TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Masyarakat peserta sosialisasi dan pelatihan penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) merasa senang karena mendapat pengetahuan dan keterampilan baru mengenai TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan berharap tanaman TOGA mampu memberikan manfaat bagi ketahanan tubuh dalam mencegah penularan virus corona

Penulis : Marta Aditya Saleh Mahmud

DPL : Drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp. Perio