Ketaatan Prokes Menurun, Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Prokes di Rumah Makan Kelurahan Mangunjiwan

Mangunjiwan, Kabupaten Demak (08/02). Pada kenyataannya masyarakat setelah melakukan vaksinasi menganggap bahwa setelah vaksin tidak perlu melakukan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Pandemi Covid 19 sudah berlangsung selama 2 tahun di Indonesia, hal ini mengakitbatkan kejenuhan dan pertanyaan dari masyarakat “Kapan selesainya Pandemi ini?”. Pemerintah menyadari bahwa pandemi ini berdampak ke seluruh lapisan masyarakat dan beberapa sektor perekonomian sehingga pemerintah menerapkan program yaitu penerapan kehidupan baru atau new normal.¬†

Edukasi Pencegahan Virus Covid-19 (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Pada realitanya, program new normal tidak berjalan sesuai protokol yang sudah diatur oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. Fakta dilapangan, masyarakat lalai atas protokol kesehatan yang sudah di tetapkan dan sudah menganggap bahwa virus Covid-19 sudah tidak ada. Hal ini juga ditemukan di Kelurahan Mangunjiwan, Kabupaten Demak yang memiliki banyak perdagangan jasa dan rumah makan dimana hal tersebut memiliki kemungkinan penyebaran yang cepat.

Poster Edukasi (Sumber : Desgin Penulis)

Maka dari itu, mahasiswa KKN Undip TIM 1 Kelurahan Mangunjiwan berinisiatif melakukan edukasi melalui penempelan poster di rumah makan dan berbagai perdagangan jasa yang tersebar di Kelurahan Mangunjiwan. Hal ini merupakan ikhtiar untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang mulai tinggi lagi setelah kemunculan virus Covid-19 varian Omicorn.

Penempelan Poster di Rumah Makan (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Penulis : Dandy Putra Pratama
DPL : Rosyida, S.P., M.Sc.