Narkoba Sangat Berbahaya, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Bahaya Dampak Narkoba dan Cara Menghindari pada Warga

Pelaksanaan Program Kegiatan KKN Tim I UNDIP 2022

Poster Dampak Narkoba dan Cara Menghindari

Semarang (08/02/2022) – Saat ini bahaya dan dampak narkoba atau narkotika dan obat-obatan pada kehidupan dan kesehatan pecandu dan keluarganya semakin meresahkan. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan. Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan kecanduan. Penyalahgunaan ini mulanya karena si pemakai merasakan efek yang menyenangkan. Dari sinilah muncul keinginan untuk terus menggunakan agar bisa mendapatkan ketenangan yang bersifat halusinasi. Meski dampak narkoba sudah diketahui oleh banyak orang, tetap saja tidak mengurangi jumlah pemakainya. Bahaya narkoba hingga menjadi kecanduan tersebut memang bisa disembuhkan, namun akan lebih baik jika berhenti menggunakannya sesegera mungkin atau tidak memakai sama sekali. Banyak remaja yang sudah terlibat dalam narkoba baik sebagai konsumen, pengedar, maupun penjual. Tak jarang dari kalangan artis, pengusaha, bahkan pelajar yang sudah mengkonsumsi narkoba. Hal ini tentunya menunjukan bahwa masyarakat indonesia masih banyak yang tidak mengetahui secara mendalam akan dampak, efek, dan bahaya narkoba terhadap diri mereka masing-masing.

Pada kota semarang sendiri masih ditemukannya kasus penggunaan narkoba di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2022 membuat program kegiatan edukasi mengenai bahaya dan dampak narkoba, serta cara terhindar dari narkoba. Kegiatan tersebut dilakukan dengan sosialiasi kepada warga Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang melalui ketua RW maupun pertemuan dengan warga baik online seperti melalui grup wargamaupun offline pertemuan RW, PKK, dan dawis, serta penempelan poster narkoba di tempat strategis. Dengan adanya sosialisasi dan penempelan poster narkoba tersebut diharapkan warga menjadi lebih sadar akan dampak narkoba dan dapat mengawasi keluarganya agar terhindar dari penggunaan narkoba.

Sosialisasi Dampak Bahaya Narkoba dan Cara Menghindari Kepada Ketua RT 03 RW 02
Sosialisasi Dampak Bahaya Narkoba dan Cara Menghindari Kepada Ketua RT di RW 02
Sosialisasi Dampak Bahaya Narkoba dan Cara Menghindari pada Pertemuan PKK RT 02 RW 05

Penulis : Dyah Ayu Kartikarini (Teknik Kimia – FT)

DPL : Ir. Sutrisno, M.P

Lokasi : Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang