Pembuatan Peta Wilayah Kelurahan Bendungan oleh Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2021/2022

Bendungan, Semarang (08/02/2022) – Mengingat pengabdian masyarakat merupakan perwujudan dari akademisi yang hadir di tengah masyarakat yang melibatkan sivitas akademik seperti halnya mahasiswa, dosen,dll. Maka dari itu, dimulai dari 5 Januari 2022 KKN TIM I UNDIP 2021/2022 melalukan pengabdian di Kelurahan Bendungan. Kelurahan Bendungan berada di dataran rendah, dengan tipologi kelurahan adalah pemukiman merupakan salah satu dari beberapa kelurahan di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang dengan luas wilayah Kelurahan Lamper Tengah ± 104,70Ha yang terbagi atas 29 RT dan 5 RW.

Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang ditampilkan dalam bidang datar. Kenampakan yang tertuang didalam peta dapat dijadikan sumber informasi oleh pemerintah selaku pemangku kebijakan dan ahli perencanaan untuk menentukan keputusan pada proses pembangunan. Peta yang dibuat pada tahun terbaru atau terupdate dengan menggunakan data – data terbaru tentunya akan menghasilkan data atau informasi secara faktual dan mutakhir sehingga kebijakan dari pemerintah setempat dinilai berintegritas.

Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pembuatan peta desa dilakukan di Kelurahan Bendungan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu survei dengan pendahuluan berupa permohonan izin kepada Pemerintah Kelurahan Bendungan. Kemudian dilanjutkan dengan survei lapangan untuk batas RW di Kelurahan Bendungan. Lalu mengumpulkan data sekunder yang didapat dari Open Street Map. Setelah data terkumpul kemudian pengolahan data yang selanjutnya di visualisasikan.

Peta Kelurahan Bendungan berbasis WebGIS

Peta kelurahan di visulisasikan dalam bentuk peta yang berbasis WebGIS sehingga peta tersebut dapat dilihat oleh publik dan dapat diakses dengan mudah ditengah kemajuan teknologi yang sudah mempuni. Peta desa menampilkan informasi geospasial yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan analysis pemerintah dalam membuat suatu kebijakan. Peta Wilayah Kelurahan Bendungan berbasis WebGIS dapat diakses pada link berikut :

https://bit.ly/WebGIS_Kelurahan_Bendungan

Penulis : Agantry Purba
DPL : Bagus Rahmanda, S.H., M.H.
Lokasi : Kelurahan Bendungan, Kecataman Gajahmungkur, Kota Semarang