Dukung Program Pemerintah, Mahasiswa KKN UNDIP Galakkan Edukasi Pentingnya “3M PLUS” dan Pembagian Lotion / Obat Nyamuk Pada Masa Endemik DBD

Kegiatan penyuluhan pentingnya 3M PLUS kepada masyarakat dukuh Gunungsari

BOYOLALI (04/02/2022) – Kegiatan Edukasi Pentingnya “3M PLUS” dan Pembagian Lotion / Obat Nyamuk Pada Masa Endemik DBD telah dilaksanakan pada 04 Februari 2022 dengan sasaran masyarakat dukuh Gunungsari desa Karangkepoh. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pencegahan kasus demam berdarah di Kecamatan Karanggede khususnya di desa Karangkepoh. Hal ini berkaitan dengan ditemukannya Kejadian Luar Biasa (KLB) demam berdarah pada salah satu desa di Karanggede. Sehingga diperlukan upaya pencegahan penyakit demam berdarah utamanya pada musim penghujan seperti saat ini. Kegiatan ini dapat mendukung SDGs Goal 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera) agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan gotong royong di dukuh Gunungsari

Salah satu indikator dari PHBS ialah mengupayakan pemberantasan sarang nyamuk melalui perilaku 3M Plus. 3M Plus merupakan salah satu program yang dibuat oleh pemerintah dalam upaya pemberantasan DBD di Indonesia. Kegiatan gotong royong yang di awali dengan membunyikan kentungan oleh bayan Gunungsari kemudian para warga membersihkan lingkungan masing-masing, ada yang menyapu, dan memangkas ataupun mencabut gulma dan tanaman di sepanjang pinggir jalan dukuh Gunungsari, kemudian setelah sampah terkumpul, sampah organik akan dibuat pupuk atau humus sedangkan sampah anorganik dibakar. Selain itu, tim KKN UNDIP memberikan edukasi mengenai 3M PLUS dan juga memberikan starter pack untuk mengantisipasi demam berdarah diantaranya lotion antinyamuk, handsanitzer, kertas obat nyamuk bakar, dan stiker 3M plus. Partisipasi warga sangat tinggi hal ini dapat dilihat dari antusiasme warga yang turut serta dalam kegiatan gugur gunung ini mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia. Selain itu, untuk mencegah DB maka tim KKN UNDIP juga memberikan poster terkait 3M+ dan cara pencegahan DB agar dapat meningkatkan pengetahuan warga sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat mencegah DB di dukuh Gunungsari.

Pembagian starter pack kepada masyarakat dusun Gunungsari

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pentingnya 3M yang jika dijabarkan mengubur barang bekas, menguras tempat penampungan air dan menutup tempat penampungan air. PLUS sendiri terdiri memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, gotong royong membersihkan lingkungan, meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras, memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar dan menanam tanaman pengusir nyamuk. Dengan  menerapkan 3M PLUS diharapkan masyarakat dan lingkungan dapat terhindar dari berbagai penyakit terutama demam berdarah. Selain itu, dapat mendukung SDGs Goal 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera) agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis             : Luluk Saiqul Bahiyah

Editor              : Dyah Wijaningsih, SH, MH