Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Pembuatan Disinfektan Mandiri Kepada Masyarakat Kelurahan Kampung Bandar

Pekanbaru (08/02/2022) – Jumlah kasus positif Covid-19 saat ini kian meningkat dengan munculnya varian baru virus Corona yaitu Omicron. Melihat dari data dunia per tanggal 1 Februari 2022, jumlah kasus positif Covid-19 telah mencapai 370 juta kasus. Di Indonesia sendiri, angka kasus positif Covid-19 telah mencapai 4.353.370 kasus. Untuk menekan angka kasus positif Covid-19, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah melakukan disinfeksi.

Disinfeksi merupakan suatu cara membersihkan lingkungan dengan menggunakan cairan disinfektan. Cairan disinfektan tersebut dapat membunuh bakteri, virus dan kuman berbahaya pada permukaan benda mati. Disinfeksi dapat dilakukan oleh semua orang karena pembuatan cairan disinfektan sendiri dapat dengan mudah dibuat, namun hal ini belum banyak diketahui oleh masyarakat dan perlu dilakukan sosialisasi mengenai pembuatan disinfektan secara mandiri.

Untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai disinfeksi, maka mahasiswa KKN Tim I Undip 2021/2022 pada hari Kamis (3/2/2022) melaksanakan kegiatan sosialisasi pembuatan disinfektan mandiri. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh masyarakat Kelurahan Kampung Bandar. Kegiatan sosialisasi pembuatan disinfektan mandiri terdiri dari presentasi materi mengenai pembuatan disinfektan mandiri & praktis, pemutaran video pembuatan disinfektan secara mandiri dan diakhiri oleh penyerahan cairan disinfektan kepada masyarakat Kelurahan Kampung Bandar. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, harapannya masyarakat Kelurahan Kampung Bandar dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan disinfeksi secara berkala dan angka positif kasus Covid-19 dapat menurun.

Penulis : Muhamad Abiyu Maulana (Teknik Industri – FT)
DPL : Fajrul Falah, S.Hum, M.Hum
Lokasi : Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru