Mahasiswa KKN Undip Berinisiatif Meningkatkan Imunitas Warga Kelurahan Candi dengan Membudidayakan TOGA dalam Polibag

Pembibitan TOGA

Meningkatkan imunitas di masa pandemi Covid-19 termasuk hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang. Ada beragam cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh dimasa pandemi dan hal ini perlu dilakukan secara konsisten. Selain menerapkan protokol kesehatan, kita juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi, berjemur, beristirahat dengan cukup, dan mengkonsumsi tanaman obat alami atau herbal.

Tanaman asli Indonesia yang dikenal memiliki banyak khasiat ini lebih dikenal dengan sebutan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Seringkali untuk meningkatkan imunitas tubuh masyarakat cenderung dipenuhi dari berbagai obat berbahan kimia, padahal tanaman obat asli Indonesia ini bisa menjadi pilihan. Selain efek samping yang ditimbulkan oleh obat tradisional sangat kecil dibanding dengan obat buatan pabrik, harga dari tanaman obat keluarga ini murah dan apabila melakukan penanaman TOGA di pekarangan rumah maka banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Bisa memperindah pekarangan rumah dan bisa diolah untuk dijadikan minuman atau bahan masakan setiap harinya.

Melihat peluang dan kebermanfaatan yang ada maka Mahasiswa KKN Undip berinisiatif untuk menerapkan budidaya tanaman obat keluarga ini secara mandiri di lingkungan masyarakat tepatnya di Kelurahan Candi, Candisari, Kota Semarang. Penanaman TOGA sendiri diawali dengan penanaman bibit dalam polibag karena melihat kondisi tempat KKN mahasiswa kebanyakan warga memiliki lahan yang sempit, sehingga penanaman dalam polibag ini menjadi satu ide untuk mengatasi hal tersebut.

Pada 05 Februari 2022 pemberian tanaman obat keluarga kurang lebih sekitar 50 bibit ini diikuti dengan edukasi berupa poster tentang khasiat-khasiat atau manfaat yang ada pada bibit yang telah diberikan serta salah satu cara mengolah TOGA menjadi olahan minuman atau lebih dikenal dengan nama wedang bagi orang Jawa. Bibit yang diberikan ini antara lain ada kunyit, kencur, jahe, dan temu kunci.

Penyerahan Poster Tentang TOGA

Adanya pelaksanaan kegiatan ini dengan besar harapan bahwa warga Kelurahan Candi dapat menjadikan tanaman obat keluarga (TOGA) sebagai obat herbal dalam kehidupan sehari-hari dan setiap keluarga bisa membudidayakan tanaman obat secara mandiri serta memanfaatkannya sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Penulis : Noviana Dwi Puspitasari

DPL : Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si, M.Si.

Lokasi KKN : Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah