JANGAN TINGGAL DIAM MARI BERSAMA SAMA BERANTAS NARKOBA!

MAHASISWA KKN UNDIP TIM I 2022 SOSIALISASIKAN MENGENAI MOTIF PENYEBARAN ANAK MENJADI KURIR DAN SANDI SANDI YANG ADA DALAM NARKOBA

SEMARANG (03/01/2022), Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan sosialisasi sebagai program anti narkoba mengenai Motif Penyebaran Anak Menjadi Kurir dan Sandi-Sandi Yang Ada Dalam Narkoba kepada Karang Taruna Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Saat  ini  peredaran  gelap  dan  penyalahgunaan  narkoba  dengan  sasaran potensial   generasi   muda   sudah   menjangkau   berbagai   penjuru   daerah   dan penyalahgunaannya  seluruh  strata  sosial  masyarakat.  Kuatnya  jaringan  sindikat dalam  peredaran  dan  penyalahgunaan  narkoba  bisa  juga  berarti,  agar  bisnis  yang ada didalamnya tetap berjalan dan aman maka sindikat tersebut membentuk pos-pos dibawahnya, tanpa mereka (sesama pos) mengetahui satu sama lainnya, yang lebih dikenal sebagai sistem sel. Sehingga melalui jaringan  yang ada didalamnya dapat  membentuk  fungsi supply dan  lingkaran  setan  perdagangan  narkoba,  juga menjadi  penghubung  utama  bagi  mata  rantai  selanjutnya  dari  sisi demand,  yaitu penyalahgunaan. Suatu daerah di perkotaan seperti halnya Kelurahan Jomblang menjadi salah satu target dari penyebaran narkoba dengan target anak-anak dan remaja. Karang Taruna di Kelurahan Jomblang juga cukup aktif dalam kegiatan – kegiatan di kelurahan. Motif  Penyebaran dan sandi sandi yang ada dalam narkoba jika diketahui akan membantu mencegah kegiatan narkoba di suatu daerah. Maka, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim I 2022 dengan bimbingan Bapak Ir. RTD Wisnu Broto M.T. yang berlokasi di Kelurahan Jomblang melaksanakan sosialisasi mengenai Motif Penyebaran dan Sandi Sandi yang Terdapat Pada Lingkungan Penyalahgunaan Narkoba. Program ini juga telah disetujui oleh Bapak Yulistiono, S.E. selaku Kepala Kelurahan Jomblang dan Pelaksana Tugas Ketua Karang Taruna, Siddiq Pratomo.

Sosialisasi Presentasi Mengenai Sandi-Sandi Narkoba

Pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan secara presentasi yang dilaksanakan di Balai Kelurahan Jomblang. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini langsung menyampaikan materi yang telah didapat dengan masyarakat, yang dalam hal ini adalah Karang Taruna Kelurahan Jomblang. Bapak Yulistiono selaku Kepala Kelurahan sangat mendukung dengan adanya program diskusi ini dengan remaja dan Karang Taruna Kelurahan Jomblang.

Materi Sosialisasi Sandi-Sandi Narkoba

Maka dari itu, diharapkan dengan adanya program ini, masyarakat dapat bersama-sama mencegah dan memberhentikan penyebaran narkoba yang ada di kelurahan Jomblang. Selain itu, dimulai dari Karang Taruna yang merupakan organisasi remaja agar dapat membantu memberantas penyebaran narkoba.

Penulis: Mochamad Agung Tri Sulaksono, Mahasiswa Teknik Mesin, KKN Universitas Diponegoro Tim I 2022 Kelurahan Jomblang, Kota Semarang.

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. RTD. Wisnu Broto M.T.