Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Masyarakat Kauman Untuk Gemar Makan Ikan !! Dengan Cara Mengolah Ikan Menjadi Bentuk Yang Inovatif Seperti Diversifikasi Ekado Ikan.

Batang (09/02/2022) – Budaya mengonsumsi ikan dimasyarakat khususnya di daerah Kelurahan Kauman Kecamatan Batang masih terbilang rendah. Hal ini dikarenakan masyarakat lebih memilih untuk membeli daging ayam atau sapi dibandingkan daging ikan. Alasan mengapa daging ikan kurang diminati oleh masyarakat salah satunya dikarenakan cara pengolahannya yang cukup lama. Selain itu daya tarik mengonsumsi daging ikan hanya disukai oleh kalangan orang tua atau dewasa, sedangkan kebanyakan penduduk di Kelurahan Kauman di dominasi oleh kalangan remaja, anak-anak bahkan balita. Kebanyakan orang tua pada saat menyajikan masakan kepada anak-anak berupa ikan yang digoreng saja atau di jadikan sup yang mana ikan tersebut masih terdapat banyak duri, sehingga menyebabkan anak tersebut kesulitan dan enggan untuk memakan ikan.

Kandungan gizi yang terdapat pada daging ikan sangat bagus jika dikonsumsi oleh manusia terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Nutrisi yang terkandung dalam daging ikan meliputi : protein yang sangat tinggi dan lemak baik, omega 3 dan omega 6 berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan otak dan saraf, sehingga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak. Terutama dimasa covid-19 ini tubuh sangat perlu asupan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Pembuatan Produk Diversifikasi Hasil Perikanan
Ekado Ikan

Mahasiswa KKN UNDIP melakukan suatu gerakan Gemar Makan Ikan dengan memperkenalkan suatu olahan Diversifikasi Hasil Perikanan berupa ekado ikan yang sangat mudah dibuat dan mudah dimakan oleh semua kalangan.

Ekado merupakan makanan yang terbuat dari kulit tahu atau bisa juga menggunakan kulit lumpia yang diisi daging (daging ikan kuniran), lalu digoreng kering.

Pengenalan Produk Diversifikasi Hasil Perikanan Ekado Ikan Dan Pembagian Resep

Tidak hanya sekedar mengenalkan, mahasiswa juga membagikan resep kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu agar nantinya dapat dijadikan inovasi dalam mengolah ikan.

Dengan pelaksanaan program ini diharapkan masyarakat untuk tetap menjaga pola makan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap harinya yaitu dengan mengonsumsi ikan. Tubuh yang sehat tidak akan mudah terkena penyakit covid-19, sesuai dengan tema KKN yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi COVID-19 Berbasis SDG’s”.

Penulis : Aditya Aji Nugroho

DPL : Solikhin, S.Si., M.Si.