Mencegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa Undip Membagikan Brosur dan Penyuluhan Langkah Sanitasi Limbah Masker Disposable

Kudus (09/02/2022) − Masker terbagi menjadi dua jenis, disposable dan non-disposable. Masker non-disposable dapat digunakan berkali-kali, umumnya masker ini terbuat dari beberapa lapis kain. Sebaliknya masker sekali pakai (disposable) merupakan masker yang hanya bisa digunakan sekali, dengan jenis yang paling sering digunakan adalah masker medis. Masker disposable lebih direkomendasikan karena masker jenis ini lebih higienis dan efektif dalam melindungi dari paparan virus.

Seiring dengan meluasnya paparan virus Covid-19 masyarakat semakin sadar betapa pentingnya penggunaan masker. Pengguna masker secara patuh menurunkan resiko keterpaparan Covid-19 dibanding dengan yang tidak patuh. Namun disisi lain terdapat kasus beredarnya masker disposable bekas yang didaur ulang dan dijual dengan harga murah. Selain itu virus Covid-19 yang menempel di masker dapat menyebar jika tidak dibuang dengan benar.

Kegiatan dilakukan pada Kamis 3 Februari 2022 dan Jumat 4 Februari 2022. Penyuluhan diadakan dengan cara door-to-door ke warga Desa Tumpangkrasak RT 3 RW 6, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Warga diberikan brosur yang berisi poin-poin dari penyuluhan. Penyuluhan tersebut berisi tentang bahaya masker disposable yang tidak dibuang dengan sesuai. Dan dilanjutkan dengan menjelaskan cara membuang limbah masker disposable yang tapat.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyebaran virus melalui limbah masker. Serta memberikan pemahaman mengenai langkah yang tepat dalam sanitasi limbah masker disposable.

Penulis: Wahyu Budi Setyoningsih (S-1 Ilmu Perpustakaan 2018)

DPL: Ir. Wahju Krisna Hidajat, MT.