KEREN! Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Website untuk Mempermudah Pengurusan Perijinan UMKM dan Pendataan UMKM Se-Kelurahan Mangunharjo

Semarang (09/02) – UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. UMKM merupakan salah satu infrastruktur dengan ditunjukkan melalui penyediaan lima unsur permukiman kota, yakni karya atau ruang yang berfungsi sebagai tempat bekerja, produksi barang atau jasa. Begitupula UMKM yang terdapat di Kelurahan Mangunharjo, bertujuan sebagai penggerak ekonomi lokal di Kelurahan Mangunharjo. Namun, UMKM ini belum dikenal oleh masyarakat dari dalam maupun luar Kelurahan Mangunharjo secara luas. Hal tersebut dikarenakan kurangnya publikasi dan jenis-jenis UMKM yang masih belum diketahui oleh masyarakat luas dan pengelolaan dalam pengurusan serta pendataan masih kurang maksimal dari tingkat RW maupun kelurahan. Selain itu terdapat kendala dalam pengurusan perijinan UMKM dan penurunan pendapatan UMKM pada masa pandemi COVID-19.

Permasalahan tersebut disampaikan oleh Bapak Tio (Perwakilan Kelurahan Mangunharjo pada KOPITU Kota Semarang) dan Ibu Istiari (Ketua UMKM Kelurahan Mangunharjo) dengan menyebutkan bahwa masyarakat yang belum tergabung dalam kelompok UMKM pada sosial media UMKM Kelurahan Mangunharjo, belum mengetahui cara pengurusan perijinan UMKM dan belum dilakukan pendataan ulang pada tahun 2022.

Flyer Syarat dan Tata Cara Pengurusan UMKM
Flyer Syarat dan Tata Cara Pengurusan UMKM
Website Syarat dan Tata Cara Pengurusan UMKM dan Pendataan UMKM Kelurahan Mangunharjo

Oleh sebab itu, edukasi mengenai pengurusan perijinan UMKM dan pendataan UMKM Kelurahan Mangunharjo perlu dilakukan secara langsung menggunakan sebuah flyer ataupun melalui sosial media. Edukasi tersebut juga memanfaatkan sebuah website, yakni dengan menyusun sendiri website carrd.co untuk Kelurahan Mangunharjo (umkmmangunharjo.carrd.co), dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai pengurusan perijinan UMKM dan pendaftaran UMKM Kelurahan Mangunharjo.

Sosialisasi dan Edukasi dengan Bapak Tio (Perwakilan Kelurahan Mangunharjo pada KOPITU Kota Semarang)

Program kerja tersebut mulai dilaksanakan pada 30 Januari 2022, dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada Bapak Tio (Perwakilan Kelurahan Mangunharjo pada KOPITU Kota Semarang) dan Bapak Pramujianto (Ketua LPMK dan Pokdarwis Kelurahan Mangunharjo).

Rapat Pengurus UMKM

Kemudian melaksanakan program kerja pada Rapat Pengurus UMKM pada 31 Januari 2022 yang dihadiri oleh Lurah Mangunharjo, Kesos Kelurahan Mangunharjo, Ketua UMKMM Kelurahan Mangunharjo bersama anggotanya, dan Bagian Tata Kelola Pokdarwis Kelurahan Mangunharjo. Selain itu, pelaksanaan program kerja juga dilakukan pada masing-masing kediaman Ketua RW dan masyarakat Kelurahan Mangunharjo. Program kerja ini juga dilakukan pada saat seusai kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk (PJN) di RW.09 pada tanggal 4 Februari 2022, dan dihadiri oleh Ketua PKK Kelurahan, Ketua PKK RW.03, Ketua PKK RW.09, Ketua dan Anggota FKK Mangunharjo

Pelaksanaan Kegiatan Program Kerja seusai PJN di RW.09

Program kerja ini juga dilakukan pada saat seusai kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk (PJN) di RW.09 pada tanggal 4 Februari 2022, dan dihadiri oleh Ketua PKK Kelurahan, Ketua PKK RW.03, Ketua PKK RW.09, Ketua dan Anggota FKK Mangunharjo.

Penulis : Anastasia Mutiara Melinda – Perencanaan Wilayah dan Kota

DPL : Sukiswo, S.T., M.T.