Tingkatkan Digitalisasi dan mengurangi kontak fisik di masa pandemic covid-19: Mahasiswa UNDIP Melakukan Sosialisasi QRIS Kepada Warga RT 11 RW 07 Kelurahan Kalibata Secara Online

Kalibata, Pancoran (14/01/2022) – Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat maka harus dapat dimanfaatkan sebaik- baiknya oleh masyarakat salah satunya adalah dengan digitalisasi transaksi dalam metode pembayaran. Adanya aplikasi dompet digital seperti contohnya Shopee pay, Gopay, Dana, dan OVO jelas dapat mempermudah transaksi juga lebih efisien. Maka hal ini direspon oleh Bank Indonesia (BI) dengan mengeluarkan QR Indonesian Standard (QRIS) yang dapat memproses metode pembayaran digital. WHO mengingatkan bahwa uang tunai dapat berkontribusi dalam penyebaran virus Covid-19. WHO mengatakan, virus tersebut mampu bertahan pada permukaan uang selama berhari-hari.QRIS juga mempermudah transaksi cashless disaat pandemic covid-19 untuk mengurangi penyebaran virus.

Sosialisasi Melalui Zoom Meeting

Sosialisasi QRIS ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip dengan melakukan sosialisasi melalui Zoom Meeting. Setelah itu dibagikan modul sebagai bahan bacaan untuk warga melalui Grup Whatsapp RT 11 RW 07 Kelurahan Kalibata.

Modul Sosialisasi

Hal ini dilakukan untuk mengurang kontak fisik dimasa Pandemi Covid-19. Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan warga RT 11 RW 07 Kelurahan Kalibata memahami pentingnya transaksi non-tunai.

Penulis: Fauzy Adrian Agusta (Ilmu Ekonomi 2018)

DPL: Yayuk Astuti, S.Si., Ph.D.