Mahasiswa Undip Melakukan Sosialisasi Starategi Marketing untuk Meningkatkan Kesejahteraan Melalui Kegiatan Go-Digital UMKM.

Depok (09/02/22) Pandemi Covid-19 di Indonesia mengakibatkan kerugian pada elemen masyarakat dan hal ini sangat memukul kondisi ekonomi. Kondisi ekonomi pada saat pandemi memberi banyak pelajaran pada kita semua, bahwa kita harus tetap bisa beradaptasi dan harus memutar otak untuk dapat terus bertahan dan berkembang dalam hal ini kondisi ekonomi.

Salah satu langkah UMKM agar bisa tetap bertahan sekaligus berkembang di masa-masa seperti ini perkembangan zaman yang sudah banyak menggunakan internet dan ditambah covid masih melanda, yaitu dengan memanfaatkan marketplace. Dengan adanya marketplace membuat jangkauan dari UMKM menjadi semakin luas lagi dan dibantu dengan adanya jasa pengiriman maka UMKM dapat menjangkau ke seluruh Indonesia. Maka dari itu perlu adanya pengoptimalan penggunaan marketplace bagi UMKM agar UMKM dapat bertahan di masa seperti ini.

Dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Tahun 2022, Aditya Aliyuna melakukan sosialisasi mengenai “ Strategi Marketing Produk melalui Marketplace dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi melalui Kegiatan go-digital UMKM. Sosialisasi ini ditujukan kepada masyarakat Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok khususnya para pelaku usaha. Sosialisasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menciptakan bisnis baru dengan memanfaatkan digital marketing yang ada sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat setempat.

Sosialisasi ini dilaksanakan selama dua hari secara online dan bimbingan secara langsung dengan tetap melakukan protokol kesehatan. Untuk Sosialisasi ini memberikan informasi mengenai apa itu digital marketing, pentingnya go-digital usaha, memperkenalkan apa saja macam dari digital marketing, bagaimana cara membuka bisnis melalui secara online di merchant – merchant yang sudah banyak ini, mengajarkan bagaimana langkah-langkah untuk membuat bisnis pada salah satu digital marketing yaitu Tokopedia, shoppe, gofood, grabfood, hingga memberikan tips agar bisnis yang tekuni dapat banyak pengunjung dan laku.

Penulis: Aditya Aliyuna (Fakultas Ekonomika dan Bisnis/ 12010118130246)

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ana Silviana, SH. MH

Lokasi KKN: Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.