Waspada Narkoba, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Narkoba

Penyerahan video edukasi kepada Ketua RW V, Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang

SEMARANG (29/01/2022) – Maraknya kasus narkoba tidak hanya dikalangan masyarakat biasa namun juga meliputi public figure. Hal ini juga dapat disebabkan oleh pandemi yang telah lama melanda dunia sehingga memberikan efek samping stress terhadap beberapa orang. Sehubungan dengan hal ini, lingkungan masyarakat di RW V Kelurahan Sumurboto cenderung bersifat individualis dengan kebanyakan warga berusia produktif, terdapat kemungkinan adanya kejadian warga yang menjadi stres dan terjerumus menggunakan narkoba dikarenakan harus melakukan semua kegiatan dari rumah.

Dengan adanya kemungkinan warga terjerumus menggunakan narkoba maka, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi mengenai Narkoba dan Pencegahannya. Sosialisasi diadakan secara online menggunakan video edukasi yang dibagikan melalui media sosial Whatsapp kepada masyarakat oleh Ketua RW V Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Video edukasi diserahkan melalui email serta dilakukan penyerahan secara langsung kepada Ketua RW V. 

Tampilan video edukasi mengenai narkoba

Dalam UU Narkotika Pasal 1 ayat 1 menjelaskan bahwa narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan. Dilansir dalam situs BNN, Narkotika mempunyai 3 golongan, dimana golongan 1 merupakan jenis narkotika yang sangat berbahaya jika dikonsumsi; narkotika golongan 2 dapat dimanfaatkan sebagai obat sesuai dengan resep dokter; dan narkotika golongan 3 merupakan narkotika yang memiliki efek ketergantungan ringan sehingga biasa digunakan untuk terapi. Disamping narkotika dapat dimanfaatkan sebagai obat, narkotika yang dikonsumsi secara sembarangan dan tidak menggunakan resep dokter memiliki dampak bagi tubuh seperti dehidrasi, halusinasi, menurunnya tingkat kesadaran, gangguan kualitas hidup, bahkan dapat menyebabkan kematian. Sehubungan dengan hal ini, dengan diadakannya sosialisasi melalui video edukasi mengenai Narkoba dan Pencegahannya diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kesadaran masyarakat di RW V Kelurahan Sumurboto untuk tidak mengonsumsi narkoba.

Penulis : Dheya Rafina P.