Cara Unik Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2022 Ajak Masyarakat Gedanganak Tingkatkan Pencegahan Covid-19 melalui Tayangan Animasi dan Poster Informatif

Gedanganak, Kec. Ungaran Timur (23/1) – Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Periode 2021/2022 lakukan rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDGs” salah satu lokasi penerjunan adalah pada wilayah Kelurahan Gedanganak, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Kegiatan Tingkatkan Pencegahan Covid-19 ini dilaksanakan karena masyarakat sudah mulai memasuki era pasca pandemi dimana aktivitas masyarakat yang mulai berjalan dengan normal. Namun kerap kali tanpa disadari masyarakat, khususnya anak-anak, masih kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. Tujuan dari kegiatan pencegahan Covid-19 dilakukan agar masyarakat semakin siap untuk menghadapi masa pasca pandemi dengan tetap patuh pada protokol kesehatan.

Cara unik mahasiswa dalam menyampaikan sosialisasi tingkatkan pencegahan Covid-19 adalah melalui pembuatan poster bersama anak-anak Gedanganak dengan tema “Yuk Cegah Covid” dan menonton animasi komedi “Larva” yang memiliki alur cerita bagaimana sang tokoh menghadapi Covid-19. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan anak-anak Gedanganak yang tergabung dalam grup “Lingkar Anak Bangsa”, kelompok belajar yang didirikan mahasiswa KKN wilayah Gedanganak.

Dalam pelaksanaan program ini anak-anak Gedanganak sangat antusias ketika menceritakan amanat yang mereka dapat setelah menonton kartun atau animasi yang baru saja mereka tonton, walaupun masih ada beberapa anak yang bingung mengenai fungsi hand sanitizer namun beberapa anak bahkan mengetahui dalam melakukan pencegahan Covid-19 salah satunya menerapkan protokol kesehatan 5M. Sehingga mahasiswa memberikan sosialisasi protokol kesehatan serta fungsinya mengapa hal tersebut harus dilakukan agar setiap anak paham mengenai langkah pencegahan Covid-19.

Untuk melatih pemahaman mereka mengenai pencegahan Covid-19 dilakukan juga pembuatan poster dengan tema “Yuk Cegah Covid-19” sehingga menghasilkan banyak karya bermanfaat seperti himbauan untuk Stay at Home, patuhi protokol kesehatan 5M, poster cuci tangan, pentingnya menggunakan masker meskipun dalam pembuatan poster ini anak-anak masih kurang tepat dalam menulis istilah-istilah Covid-19 seperti “Covit-19”, “Covik-19”, “hand senitaizer”, “hand sanitaiser”, atau “Physical Distang” sehingga mahasiswa dapat mengarahkan penulisan istilah Covid-19 yang benar kepada anak-anak melalui poster informatif yang dibagikan ke grup belajar “Lingkar Anak Bangsa”. Dalam kegiatan ini juga mahasiswa mengajarkan anak-anak untuk menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah melakukan aktivitas, menyediakan dan memberikan masker apabila masker sudah tidak nyaman digunakan, dan memberikan susu serta kudapan untuk dibawa pulang.

“Jadi tau harus pakai masker supaya terhindar dari corona, sama jangan lupa cuci tangan atau pakai hand sanitizer juga” Ucap Dara dan Zahra setelah kegiatan pencegahan Covid-19 usai dilaksanakan.

Mahasiswa juga membagikan poster informatif seputar pencegahan Covid-19 mengenai Vaksin Booster, cara mencuci tangan yang baik dan benar, serta penggunaan masker yang baik dan benar ke titik-titik strategis wilayah RT 02 RW 03 Kelurahan Gedanganak dan juga mengirimkan poster pencegahan Covid-19 ke Grup Whatsapp Ibu-ibu PKK RT 02 RW 03 Kelurahan Gedanganak agar informasi pencegahan Covid-19 lebih merata di wilayah Gedanganak. Bahkan beberapa warga merespon dengan positif.

“Iya mba dan mas kkn, semoga dengan adanya informasi ini tetap sehat selalu ya” Ucap Ibu Sukesi setelah menerima informasi yang diberikan oleh mahasiswa.

“Tetap patuhi prokes, ini bedanya omicron dan flu biasa, semoga bermanfaat, salam sehat” Ucap Ibu Amya yang juga mendukung pencegahan Covid-19 dengan ikut mengirimkan video informasi mengenai adanya varian baru Covid-19.

Harapannya dengan berbagai cara penginformasian pencegahan Covid-19 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat wilayah kelurahan Gedanganak untuk senantiasa mencegah persebaran Covid-19.

Penulis : Anisa Rahma Fadhilah (Sastra Indonesia 2018, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro)

DPL : Heri Sugito, S.Si., M.Sc.