ANTISIPASI GELOMBANG KE-3 COVID-19, MAHASISWA KKN TIM I UNDIP TAHUN 2022 SOSIALISASIKAN RUMAH SEHAT

Blora (28/1/2022) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Undip Tahun 2022, Indria Dewi Setiasih di bawah bimbingan Ibu Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes. gelar sosialisasi rumah sehat pada warga Desa Sogo Kecamatan Kedungtuban. Sosialisasi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan seperti apa standar rumah sehat layak huni. Tempat tinggal yang sehat dan bersih sangatlah penting bagi penghuninya, apalagi pada kondisi pandemi seperti ini.

Antusias Warga Saat Sosialisasi Rumah Sehat (Sumber: Penulis)

Kesehatan psikis sebuah rumah lebih sulit diukur daripada kesehatan fisik, karena ukurannya adalah rasa atau sesuatu yang dapat dirasakan oleh penghuninya, seperti keamanan, kenyamanan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, kesehatan psikis sebuah rumah merupakan dampak dari kondisi fisik rumah yang sehat.

Desain Rumah Sehat (Sumber: Penulis)

“Harapannya, dengan bekal pengetahuan yang telah disampaikan, masyarakat luas lebih memahami tentang rumah sehat dan dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari. Terutama dalam masa pandemi COVID-19 ini, kesehatan tubuh merupakan hal yang harus diutamakan. Oleh karena itu, diperlukan hunian yang mendukung kesehatan tubuh. Dengan begitu, imunitas dalam tubuh pun akan bagus dan dapat terhindar dari penularan virus COVID-19” Ucap Mahasiswa KKN tersebut.

Penulis : Indria Dewi Setiasih (Teknik Sipil/Fakultas Teknik)

DPL    : Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes.