Penyebaran Informasi HOAX masih Merajalela! Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2021/2022 memberikan Edukasi Literasi Informasi Menangkal HOAX kepada Masyarakat Srondol Kulon

Srondol Kulon, Kota Semarang (05/02/2022) – Informasi Hoax merupakan informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Namun, adanya dampak dari perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat penyebaran informasi hoax oleh oknum yang tidak bertanggungjawab terus merajalela. Sehingga masyarakat mudah terjebak oleh berita hoax tersebut.

Berdasarkan poin 4 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Target 6 dan 7 yang membahas mengenai pendidikan bermutu dan memastikan mereka mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan. Maka dari itu, agar tercapainya tujuan tersebut, masyarakat harus memiliki kemampuan dalam mencari, menelusuri, dan mengidentifikasi informasi yang dibutuhkannya yaitu dengan literasi informasi.

Gambar 1. Sosialisasi mengenai literasi informasi menangkal HOAX kepada masyarakat RW.02 Kelurahan Srondol Kulon, Kota Semarang

Literasi informasi merupakan kemampuan dalam menemukan dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah (menemukan solusi). Literasi informasi dapat membantu masyarakat untuk memperoleh atau mencari informasi sesuai dengan kebutuhannya, sehingga mereka juga dapat mengidentifikasi seperti apa informasi hoax.

Maka dari itu, mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2021/2022 melaksanakan salah satu program yaitu Edukasi mengenai literasi informasi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi yang relevan dan terhindar dari informasi hoax. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi informasi masyarakat di Kelurahan Srondol Kulon, Kota Semarang.

Gambar 2. Tampak Depan Brosur Edukasi Literasi Informasi Menangkal HOAX
Gambar 3. Tampak Belakang Brosur Edukasi Literasi Informasi Menangkal HOAX

Penulis : Ajeng Siti Rohmah

DPL : Asri Nurdiana, S.T., M.T.

Lokasi : Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang