Memasuki Era Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Munculkan Generasi Inovator Teknologi Lewat Program Edukasi Problem Solving Melalui Media Permainan Google Doodle Bunny
Semarang (9/2/2022) — Pada era modern ini banyak diciptakan teknologi-teknologi canggih untuk mempermudah pekerjaan manusia. Baik itu dalam bentuk fisik maupun perangkat lunak yang ada pada Handhpone, Komputer atau alat elektronik lainnya. Teknologi-teknologi tersebut diciptakan atas dasar logika-logika kecil yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang kompleks. Terdiri dari permasalahan beberapa kondisi diikuti dengan solusinya. Perkembangan teknologi juga memaksa manusia untuk terus dapat beradaptasi dengan teknologi-teknologi baru. Bahkan lebih daripada itu, manusia juga dituntut untuk terus menciptakan teknologi baru.
Atas dasar permasalahan tersebut, Millenio Rachmat Prayogo, seorang Mahasiswa KKN UNDIP Tim I 2021-2022 dari Fakultas Sains dan Matematika berinisiatif untuk menyelenggarakan program edukasi Problem Solving melalui permainan Google Doodle Bunny. Permainan tersebut merupakan sebuah permainan untuk melatih logika anak dalam memecahkan sebuah masalah yang kompleks. Permainan ini terdiri dari 6 tingkat level yang dimana masing-masing level memiliki tingkat kesulitannya tersendiri. Di permainan ini Anak akan mencoba memecahkan masalah dengan memasukkan beberapa step atau langkah agar seekor kelinci bisa mengumpulkan semua wortel yang tersebar di area permainan.
Program ini diselenggarakan di MTs Hidayatus Syubban Semarang yang beralamat di Jl. Kyai H. Zainuddin Raya, Karangroto, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah 50117. Program diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan siswa kelas 9. Semua siswa antusias dalam memecahkan masalah yang ada di permainan.
Program ini juga mendapatkan respon positif dari pihak sekolah, salah satunya adalah Bapak Rifky selaku guru mata pelajaran Informatika di MTs Hidayatus Syubban. Beliau berharap, dengan diadakannya program ini, dapat membawa manfaat berupa bekal ilmu pengetahuan mengenai komputer kepada para siswa untuk di masa yang akan datang.
Penulis : Millenio Rachmat Prayogo (Fakultas Sains dan Matematika/24060118130066)
DPL : Oktavianto Eko Jati, S,Pi., M.Si.