Pemanfaatan Berbagai Produk Rumah Tangga sebagai Bahan Pembuatan Cairan Pembasmi Tanaman Liar

Semarang (09/02/2022) – Pekarangan rumah warga yang kurang terurus dan terawat seringkali menyebabkan tumbuhnya tanaman-tanaman liar di tempat tersebut. Hal tersebut mengakibatkan pekarangan rumah yang kurang enak dipandang. Tanaman liar juga kerap kali menjalar sampe pagar maupun tembok rumah yang berakibat bangunan tersebut cepat rapuh dan tidak kuat. Tak jarang dalam semak belukar dapat dijadikan tempat bersarang hewan seperti ular yang dapat membahayakan warga sekitar. Diberitakan oleh Liputan 6 Oktober 2021 di Semarang ditemukan kasus ular cobra yang meneror warga, ular tesebut ditemukan di semak-semak pada perumahan warga, selain itu ditemukan pula 20 butir telur. Hal tersebut dapat membahayakan warga sekitar.

Maka dari itu, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2021/2022 berinovasi untuk membuat pembasmi tanaman liar atau herbisida dari bahan cuka putih. Program ini juga didukung dengan pembuatan pamflet terkait cara pembuatan herbisida dari cuka putih. Dimana sasaran produk dari program ini adalah warga Kelurahan Penggaron Kidul.

Membagikan Herbisida dan Pamflet ke Warga Kelurahan Penggaron Kidul

Dengan adanya program ini diharapkan warga Kelurahan Penggaron Kidul dapat lebih merawat pekarangan rumah dan menggunakan produk tersebut dengan sabaik-baiknya.

Penulis : Mirza Dhiya Ulhaq

Dosen pembimbing : Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM