Sugoi! Mahasiswa UNDIP Sosialisasikan Upaya Pencegahan Penularan Virus Covid-19 dengan Menghindari Situasi 3C ala Jepang

Pandean Lamper, Gayamsari, Semarang (30/01/22)

Upaya penanganan dan pencegahan penularan virus Covid19 telah berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi pandemi. Dari awal masuknya Covid19, Indonesia telah melakukan berbagai cara diantaranya adalah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan vaksinasi. PPKM dan vaksinasi dinilai efektif untuk menekan laju penularan serta menurunkan jumlah kasus terinfeksi Covid19.  Hal tersebut dibuktikan dengan data dari media sosial instagram Dinas Kesehatan Kota Semarang yang mencatat nihilnya jumlah kasus Covid19 pada awal tahun 2022 di wilayah Kelurahan Pandean Lamper. Namun seiring dengan penurunan jumlah kasus terinfeksi tersebut membuat masyarakat mulai abai terhadap protokol kesehatan karena merasa dirinya sudah kebal terhadap virus setelah di vaksin. Hal tersebut tidak bisa dibenarkan karena tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi lonjakan kasus Covid19 yang sempat terjadi di pertengahan tahun 2021 dahulu, untuk itu diperlukannya kesadaran masyarakat untuk terus patuh terhadap protokol kesehatan yang berlaku.

Pada hari Minggu (30/01/2022) telah dilakukan “Sosialisasi Pencegahan Covid-19”, program kerja tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan penularan virus covid-19. Sosialisasi diadakan di aula PKK Kelurahan Pandean Lamper, dengan dihadiri 20 orang yang berasal dari Karang Taruna dan Satgas Gercep Kelurahan Pandean Lamper. Sosialisasi diawali dengan sambutan dari koordinator KKN Tim 1 UNDIP, Ketua Karang Taruna, dan Ketua Satgas Gercep. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pencegahan covid-19, salah satunya yaitu mengenai pencegahan covid-19 dengan menghindari situasi 3C ala Jepang. Situasi 3C atau san mitsu yang berarti tiga kepadatan yang dimaksud yaitu menghindari closed spaces (tempat tertutup), crowded places (tempat ramai orang) dan close contact settings (hal-hal yang menyebabkan kontak dekat dengan orang lain). Menghindari situasi 3C ini sangat disarankan untuk mencegah penularan covid 19, sebisa mungkin jika tidak terlalu penting hindari untuk keluar rumah dan berkerumun dengan banyak orang. Walaupun sudah di vaksin tidak menutup kemungkinan kita bisa tertular virus covid. Maka dari itu jangan lengah dan selalu taati protokol kesehatan dan jangan lupa untuk disiplin 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Setelah dilakukannya sosialisasi tersebut diharapkan remaja-remaja Karang Taruna dan Satgas Gercep dapat ikut serta mengajak masyarakat di wilayah sekitar tempat tinggal mereka untuk dapat menyadarkan masyarakat secara sukarela supaya menghindari situasi 3C tersebut agar bisa mengendalikan penularan Covid 19 selain dari upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah Indonesia.

Penulis : Ian Maulida Salma (Fakultas Ilmu Budaya-Bahasa dan Kebudayaan Jepang)

Dosen Pembimbing KKN : Desyta Ulfiana, S.T., M.T.