Bantu Pemerintah Menangani Kasus Covid-19, Mahasiswi KKN Universitas Diponegoro Perangi Hoaks melalui Sosialisasi Vaksinasi di Kalangan Wali Murid SDN 03 Rangkasbitung Timur

Poster Vaksinasi COVID-19

Lebak, 24 Januari 2022. Mahasiswi KKN Universitas mengadakan kegiatan sosialisasi vaksinasi untuk anak usia 6 – 12 tahun di SDN 03 Rangkasbitung Timur bagi para wali murid. Kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui grup WhatsApp kelas yang berisi para wali murid SDN 03 Rangkasbitung Timur.

Sosialisasi Vaksinasi COVID-19 Bagi Anak Usia 6-12 tahun Melalui Grup WhatsApp Wali Murid

Kini, vaksinasi telah sampai pada tahap kalangan anak usia 6 – 12 tahun. Vaksinasi yang dilakukan dengan menyuntikkan jarum di lengan bagian kiri. Suntik masih menjadi momok yang menakutkan bagi para anak-anak. Hal tersebut menjadi tantangan besar bagi para orangtua dan tenaga kesehatan.

Munculnya berita anak yang meninggal setelah divaksin menjadikan para orangtua was-was dan enggan membiarkan anaknya divaksin. Jika tidak menelusuri kebenaran berita tersebut, maka mereka sudah termakan oleh hoaks. Pasalnya, anak yang meninggal setelah divaksin ternyata meninggal karena penyakit bawaan atau komorbid. Bukan karena vaksin menjadi meninggal.

Oleh sebab itu, kurangnya literasi digital menjadi dampak negatif bagi para orangtua terhadap informasi yang diterima mengenai vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 – 12 tahun. Hal tersebut mendasari mahasiswi KKN Universitas Diponegoro untuk mengadakan sosialisasi vaksinasi COVID-19 bagi para wali murid SDN 03 Rangkasbitung Timur. Sosialisasi berlangsung dengan lancar melalui penyampaian materi mulai dari pengertian vaksin, tujuan, manfaat, dampak, cara menangani KIPI, dan lain-lain. 

Sosialisasi vaksinasi COVID-19 dilaksanakan dengan tujuan meberikan informasi yang valid dan sesuai dengan aturan pemerintah. Kemudian, supaya para wali murid menyetujui dan mampu mendorong anaknya untuk berani divaksin. Vaksin sendiri dilakukan sebagai usaha untuk menghindari penyebaran kasus COVID-19 di Indonesia. Sehingga, Indonesia bisa segera keluar dari pandemi.

Kepala sekolah SDN 3 Rangkasbitung Timur dan para guru berterima kasih atas program sosialisasi vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan oleh mahasiswi KKN Universitas Diponegoro. Program tersebut sangat membantu dalam kesuksesan vaksin bagi anak usia 6 – 12 tahun di SDN 03 Rangkasbitung Timur. Tidak hanya sosialisasi, tetapi juga pemasangan poster menjadi pendukung keberlangsungan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 – 12 tahun.

Penulis                                               :           Risma Herninda

NIM                                                    :           13010118120019

Dosen Pembimbing Lapangan     :           Karnoto, S.T., M.T.