TINGKATKAN KESADARAN K3 DALAM INDUSTRI!!! MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN KONSEP K3 PADA INDUSTRI TAHU

Boyolali (02/02/2022) – Industri tahu bagi masyarakat Desa Pengkol adalah jantung kehidupan untuk menyambung hidup, karena satu hal yang terkenal dari Desa Pengkol adalah industri Tahu. Dalam proses produksi para pekerja awalnya menggunakan cara konvensional, namun karena perkembangan zaman ini para pekerja dibantu oleh mesin-mesin. Mulai dari mesin yang digunakan untuk mengupas kedelai, menggiling kedelai menjadi bubur kedelai hingga mesin cetak tahu, namun dalam pelaksanaanya masih banyak pekerja yang masih abai dalam menerapkan konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sehingga masih dimungkinkan untuk terjadi kecelakaan kerja ketika menggunakan mesin-mesin tersebut.

Industri Tahu Milik Mas Andi

Wahyu Ardhi Santoso (21) Mahasiswa Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Semarang melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3) yang dilaksanakan di Industri Pabrik Tahu milik Mas Andi yang berlokasi Di Desa Pengkol, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali. Kegiatan terdiri dari penyerahan modul K3 serta sosialisasi kepada pemilik mengenai prosedur yang harus dilakukan.

Kegiatan Sosialisasi & Penyerahan Modul K3

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menggunakan konsep K3 dalam Industri Tahu. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Mas Andi selaku pemilik dari Industri Pabrik Tahu “Semoga dengan adanya sosialisasi ini para pekerja di Industri Pabrik Tahu milik saya dapat paham akan pentingnya konsep K3” ujarnya.

Modul K3

Penulis             : Wahyu Ardhi Santoso

Editor              : Abdi Sukmono, S.T., M.T.