Pembuatan Web GIS Peta Potensi Desa Kenoyojayan dan Peta Penggunaan Lahan oleh Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Tahun 2021/2022 untuk Pemaksimalan Program SDGs

Kebumen, (Februari, 2022) – SDGs (Sustainable Development Goals) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. Kegiatan ini dimulai dari unit pemerintah desa, dimana desa harus memanfaatkan potensi yang dimiliki baik potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Pelaksanaan SDGs memerlukan perencanaan salah satunya dengan adanya peta.

Pembuatan peta penggunaan lahan Desa Kenoyojayan dilakukan untuk bahan perencanaan terkait kebijakan desa. Desa Kenoyojayan hanya memiliki satu peta desa dimana dibuat pada tahun 2012 sehingga perlu adanya updating peta. Dengan diadakannya program pemetaan penggunaan lahan di Desa Kenoyojayan dapat membantu pemerintah desa mengetahui kondisi penggunaan lahan di Desa Kenoyojayan, sehingga dapat menyusun perencanaan pembangunan desa kedepannya dengan terstruktur dan lebih baik.

Pembuatan peta penggunaan lahan dilakukan mulai dari pengumpulan data, digitasi, editing, validasi hingga akhirnya diserahkan kepada pihak desa. Peta diberikan dalam bentuk cetak kepada pihak desa.

Penyerahan Peta Penggunaan Lahan Kepada Pemerintah Desa Kenoyojayan

Selain peta penggunaan lahan, untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh Desa Kenoyojayan sekaligus untuk branding desa maka dibuat web GIS Peta Potensi Desa Kenoyojayan (Pensa Jayan). Web GIS ini berisi tentang lokasi titik-titik potensi Desa Kenoyojayan. Peta yang dikemas dalam bentuk web GIS sehingga dapat dibuka secara online oleh siapapun dimana saja dan memiliki tampilan yang menarik dapat dijadikan branding desa.

Tampilan webGIS Peta Potensi Desa Kenoyojayan

Pembuatan peta ini dimulai dengan survey titik-titik lokasi dan membuatnya melalui aplikasi ArcGIS online. Fitur yang ada pada web GIS ini dibuat dan dipilih sedemikian rupa sehingga memudahkan masyarakat umum untuk mengetahui informasi dari peta tersebut.

Informasi Titik Potensi Desa Kenoyojayan

Penyusun : Nevi Tri Lestiyo Asih (Teknik Geodesi)

DPL : Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes.