MENURUNNYA EKSISTENSI TANAMAN TOGA, MAHASISWA UNDIP MENSOSIALISASIKAN PENTINGNYA MELESTARIKAN TANAMAN TOGA

Semarang, Genuksari – Pada Jumat (4/2/2022), mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan sosialisasi mengenai pentingnya melestarikan tanaman TOGA (tanaman obat keluarga) di era modern. Tanaman TOGA merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Sosialisasi ini dilakukan agar penggunaan tanaman TOGA sebagai pengobatan tradisional bertahan menjadi identitas budaya masyarakat Indonesia. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat produksi obat-obatan kimia semakin beragam pula sehingga obat-obatan tersebut mudah didapatkan. Maka dari itu, mayoritas masyarakat lebih memilih menggunakan penggunaan obat-obatan kimia daripada pengobatan tradisional yakni tanaman obat. Faktanya, obat-obatan kimia sendiri memiliki dampak negatif dimana terdapat efek samping yang dapat menimbulkan penyakit lainnya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Sosialisasi kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai manfaat dan langkah-langkah menanam tanaman TOGA. Manfaat dari tanaman TOGA yakni diantaranya: tidak memiliki efek samping, mudah diperoleh, dan memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan obat-obatan kimia. Untuk menghasilkan tanaman TOGA pun dapat dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu dengan benih atau stek.

Sosialisasi ini juga mengingatkan tanaman TOGA yang kaya akan khasiat seperti kunyit yang dapat mencegah kanker, daun sirih dapat menghilangkan nyeri lambung, lidah budaya dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, jahe dapat menyembuhkan sakit kepala, dan lain-lain. Oleh karena itu, leaflet mengenai tanaman TOGA dibagikan kepada ibu-ibu perwakilan RW 09 dan Kader Genuksari agar dapat terus melestarikan tanaman TOGA di masing-masing rumah sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Nafisa Zahra, Mahasiswa Antropologi Sosial Undip

DPL: Dr. Ir. Martini, M.Kes