Kasus DBD Meningkat, Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Warga Wonotingal Gencarkan 3M PLUS!

Semarang (9/2/2022). Demam Berdarah Dengue menjadi salah satu masalah kesehatan yang memerlukan perhatian lebih, terkhusus dalam musim penghujan ini. Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Semarang Jawa Tengah, mengalami peningkatan selama musim penghujan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Semarang, sepanjang tahun 2021 tercatat 198 kasus DBD dengan penderita laki-laki, 134 kasus DBD dengan penderita perempuan. Untuk mengatasi penularan DBD, Pemerintah Kota Semarang mengerahkan kader juru pemantau jentik (jumantik) untuk berperan aktif dalam Pemberantasan Jentik Nyamuk (PJN) di setiap penampungan air warga sekitar, yang dapat berpotensi menjadi tempat bertelur nyamuk.

Selain PJN yang dilakukan secara serempak di wilayah setempat bersama kader jumantik, masyarakat perlu berperan aktif dalam menjaga diri dan lingkungan dari penyakit DBD. Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Demam Berdarah (Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus). Pencegahan DBD dapat dilakukan dengan upaya 3M Plus. 3M yaitu Menguras bak kamar mandi minimal seminggu sekali, Menutup tempat penampungan air, Mendaur ulang barang – barang bekas. Sedangkan, Plus terdiri dari memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, gotong royong membersihkan lingkungan, periksa tempat-tempat penampungan air, serta memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi.

Melalui kegiatan sosialisasi, mahasiswa KKN Undip mengajak Ibu PKK RW 04 Kelurahan Wonotingal untuk berperan aktif dalam mencegah penularan DBD di wilayah setempat dengan menerapkan 3M Plus. Dengan adanya kegiatan sosialisasi, diharapkan ibu – ibu PKK RW 04 Kelurahan Wonotingal dapat memahami pentingnya penerapan 3M Plus dalam pencegahan penularan DBD serta mampu menerapkan setiap tahapan 3M Plus dalam kehidupan sehari – hari.

Penulis: Clarissa Viola Mamesah

DPL: Ir. Sutrisno, M.P

Lokasi: Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang