Mahasiswa Undip Mengajak Pelaku UMKM untuk Lebih Sadar Pentingnya Mengelola Keuangan Usaha Pasca Covid-19.

Depok (10/02/22) Pandemi Covid-19 di Indonesia mengakibatkan kerugian pada elemen masyarakat dan hal ini sangat memukul kondisi ekonomi. Kondisi ekonomi pada saat pandemi memberi banyak pelajaran pada kita semua, bahwa kita harus tetap bisa beradaptasi dan harus memutar otak untuk dapat terus bertahan dan berkembang dalam hal ini kondisi ekonomi.

Banyak Masyarakat yang baru memulai usahanya dan masuk ke dalam UMKM ataupun yang sudah lama menjalankan, secara tidak sadar lupa akan pentingnya sadar atas kondisi keuangan usahanya. Hal ini karena berbagai macam faktor, beberapa faktornya adalah tidak memiliki catatan keuangan yang terorganisir bahkan, tidak dicatat.  Keuntungan yang sedikit, dan sedikit harapan untuk mengembangkan bisnisnya adalah dampak dari tidak sadarnya atas kondisi keuangan bisnis mereka.

Dengan sadarnya tentang pentingnya mengelola keuangan pada bisnis mereka, ini akan berdampak pada harapan yang realistis untuk terus menjalankan bisnis oleh UMKM. Harapannya UMKM di Indonesia, dari yang terkecil bisa terus meningkat kinerjanya, dan bisa berkembang naik kelas agar meningkatkan perekonomian di masyarakat itu sendiri.

Mahasiswa KKN Undip mengadakan program kerja pelatihan dan pembimbingan dalam mengelola keuangan UMKM. Hal ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM untuk membantu masyarakat pemilik usaha agar mampu bertahan di masa masa sulit seperti pandemi ini. Target sasaran program kerja ini adalah masyarakat di Kelurahan Pengasinan, khususnya para pelaku usaha ataupun orang yang ingin memulai usaha.

Program ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dalam bentuk online dan bimbingan secara bertemu langsung para pelaku UMKM dengan tetap menjalankan prokes. Tujuan dari bimbingan ini adalah untuk memberikan arahan tempelate excel yang sudah dibuatkan untuk masing – masing pelaku usaha. Mereka hanya memasukan angka di form yang sudah dibuatkan, dan nanti form tersebut otomatis memberikan informasi berupa keuangan UMKM dari mulai perencanaan, HPP, sampai laba rugi.

Program ini dibimbing oleh Dr. Ana Silviana, SH. MH, selaku Dosen pembimbing Lapangan di Kota Depok dan Bekasi. Kegiatan ini mendapat respon yang cukup baik dan antuiasme dari masyrakat. Masyarakat merasa terbantu dengan adanya program ini karena masyarakat menjadi lebih tahu tentang kondisi keuangan usaha mereka.