Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Mengenai Mesin Traktor di Wisata Minapadi

Semarang (10/2/2022) – Kelurahan Wonolopo merupakan sebuah kelurahan yang memiliki potensi pariwisata yang sangat beragam. Salah satu potensi pariwisata yang terdapat di Wonolopo ini yaitu Wisata Minapadi. Dengan adanya potensi ini, maka sangat dibutuhkan suatu upaya untuk menjaga keberjalanan kegiatan operasional Wisata Minapadi tetap berjalan. Salah satu caranya yaitu dengan tetap menjalankan kegiatan dalam bidang pertanian.

Wisata Minapadi Dengan Tangkapan Kamera Drone

Dalam menjalankan kegiatan pertanian, salah satu mesin vital yang ada di Wisata Minapadi yaitu merupakan mesin traktor tipe roda dua untuk proses pembajakan sawah. Mesin traktor roda dua ini dalam pengoperasiannya digunakan pada saat memasuki tahapan pra penanaman padi. Namun sangat disayangkan, berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh dengan Bapak Candra selaku Manajemen Pengelola Wisata Minapadi menyatakan masih belum ada suatu standar dalam pengoperasian mesin traktor di Wisata Minapadi ini.

Oleh karena itu, saya sebagai penulis memiliki sebuah ide untuk melakukan penyusunan SOP mesin traktor roda dua yang ada di Wisata Minapadi ini. Tujuan dari penyusunan SOP mesin traktor roda dua ini yaitu sebagai edukasi mengenai standar pengoperasian mesin traktor roda dua di Wisata Minapadi . SOP ini nantinya akan berisi mengenai materi – materi yang berhubungan langsung dalam pengoperasian mesin traktor roda dua. Dengan adanya SOP ini juga, nantinya pihak manajemen ataupun operator di Wisata Minapadi dapat melakukan review mengenai materi yang ada di dalam SOP mesin traktor roda dua ini.

Proses Penyusunan SOP Mesin Traktor Roda Dua oleh Mahasiswa KKN UNDIP

Dalam rangka mencapai tujuan dari penulis mengenai edukasi kepada pihak manajemen pihak pengelola Wisata Minapadi, upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan sebuah kegiatan sosialisai penyampaian materi yang telah tersusun dalam SOP mesin traktor roda dua. Sosialisasi ini pun berjalan dalam dua arah dimana pihak manajemen pengelola Wisata Minapadi juga diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi dan tanya jawab dengan penulis sebagai penyusun SOP mesin traktor roda dua.

Sosialisasi Kepada Manajemen Pengelola Wisata Minapadi

Dengan adanya SOP mesin traktor roda dua ini juga, diharapkan mampu menjadi sebuah edukasi mengingat dalam pengoperasian mesin traktor ini, standar pengoperasian yang tepat mampu menjadi sebuah tindakan preventif agar tidak terjadi kerusakan. Sehingga dengan minimnya potensi kerusakan mesin yang terjadi, dapat membuat Wisata Minapadi meminimalisir pengeluaran untuk perbaikan atau maintenance pada mesin traktor roda dua.

Penulis : Ahmad Zukhruf Muttaqin

Dosen Pembimbing Lapangan : Asri Nurdiana, S.T., M.T.