TINGKATKAN PEMASARAN !! KKN TIM 1 UNDIP 2021/2022 DESA KARANGANYAR MEMBANTU MENGOPTIMALKAN POTENSI USAHA MELALUI PASAR DIGITAL
Kabupaten Magelang (09/02) – Meningkatnya pandemi COVID-19 tidak hanya berpengaruh pada sektor manufaktur saja, akan tetapi mempengaruhi turunnya permintaan barang pada pelaku usaha di Desa Karanganyar. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Masih banyak pelaku usaha di Desa Karanganyar yang belum bisa menyesuaikan dengan pasar digital di masa pandemi yang dapat mempengaruhi tingkat pemasaran produk. Para pelaku usaha akan bersaing dengan pelaku usaha lain dalam hal penjualan produk.
Berlatarbelakang sebagai desa wisata berkelanjutan, Desa karanganyar memiliki potensi pariwisata yang dapat dijadikan sumber penghasilan bagi para pelaku usaha. Adanya platform digital mengenai potensi-potensi wisata belum difungsikan dengan baik. Potensi wisata yang ada antara lain kerajinan gerabah, kerajinan ukir bambu, peternakan kambing etawa, peternakan kelinci, peternakan ikan cupang, home industri tahu, home industri makanan ringan, balkondes, pertanian, kesenian kubro, kesenian topeng ireng, dan lain sebagainya. Peran POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) sangat di butuhkan dalam hal ini, khususnya dalam pengelolaan website.
Kelompok KKN Tim 1 UNDIP 2021/2022 Desa Karanganyar membantu memaksimalkan data atau informasi terkait potensi pariwisata di Desa Karanganyar melalui website yang sudah ada. Pengumpulan data yang membutuhkan waktu lama tersebut dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan pengambilan data pustaka di POKDARWIS. Penambahan data berkaitan dengan dokumentasi potensi pariwisata, deskripsi potensi pariwisata, dan harga produk. Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang mengelola website, kelompok KKN memberikan pelatihan dengan sasaran anggota POKDARWIS.
Dengan adanya website tersebut diharapkan seluruh potensi wisata di Desa Karanganyar mendapatkan kemudahan dalam meningkatkan penjualan produk mereka. Para pelaku usaha juga akan mendapatkan kemudahan dalam hal kerjasama dengan konsumen atau pembeli. Selain itu, potensi-potensi pariwisata yang ada di Desa Karanganyar dapat dikenal dan diketahui masyarakat lebih luas, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing.