Mahasiswa KKN Undip Berikan Solusi Mudah Belajar Mengajar secara Online di Masa Pandemi

SD Negeri Peterongan

Semarang (22/01/2022) – Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dari kehidupan manusia. Dengan pendidikan, manusia bisa menerima pengetahuan dan mengembangkan potensi mereka. Namun sejak 2020, pandemi covid-19 menyerang Indonesia. Segala sektor kehidupan terhambat tak terkecuali sektor pendidikan.

Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih dilaksanakan hingga sekarang dikarena virus jenis baru yaitu Omicron. Walau sebelumnya Pelajaran Tatap Muka (PTM) mulai diadakan namun tidak bertahan lama karena melonjaknya kasus ini.

SD Negeri Peterongan juga merasakan hal yang sama. Pandemi ini menghambat proses belajar mengajar di SD Negeri Peterongan. Sebelumnya penyampaian materi dan tugas hanya melewati WhatsApp dan itu kurang terstruktur dengan baik. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim I Undip 2022 berupaya untuk memberikan solusi mudah belajar mengajar dengan Google Classroom.

Google Classroom adalah salah satu platform pendidikan yang bisa membantu mengelola berbagai kegiatan pembelajaran termasuk pemberian tugas, materi, wadah diskusi, dan sebagainya secara online yang memungkinkan guru dan murid saling terhubung dimana pun dan kapanpun.

Tidak hanya materi Google Classroom saja yang diberikan namun juga materi mencari bahan ajar di internet dengan web Rumah Belajar dan Zenius. Kedua web tersebut berisikan video pembelajaran yang bisa pengajar berikan ke siswa sebagai bantuan dalam mengerti materi pembelajaran.

Mahasiswa KKN Tim I Undip 2022 melaksanakan edukasi secara langsung di SD Negeri Peterongan. Dimulai dari pengenalan web Rumah Belajar dan Zenius lalu dilanjutkan dengan edukasi Google Classroom. Modul yang berisikan panduan Google Classroom dan video tutorial juga dibagikan kepada pengajar di SD Negeri Peterongan.

Peserta Program

Dengan adanya program ini, diharap dapat menambah pengetahuan bagi Pengajar di SD Negeri Peterongan tentang penggunaan Google Classroom sebagai platform pendidikan yang bisa membantu mengelola berbagai kegiatan pembelajaran di masa pandemi.

Penulis: Honey Indarso (Informatika − FSM)
DPL: Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum.
Lokasi: Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang