Lomba Menggambar bagi Siswa SD di RW 012 Kelurahan Jatiwaringin Kota Bekasi bertema “Patuhi Protokol Kesehatan” Tuai Antusiasme Tinggi dari Peserta

Pada Minggu (23/1/2022), 10.00-11.30 WIB, Tim KKN Undip Kelurahan Jatiwaringin, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat melaksanakan acara “Lomba Menggambar bertema “Patuhi Protokol Kesehatan” untuk siswa SD kelas 1-3 di wilayah RW 012 Kelurahan Jatiwaringin. Lomba dilaksanakan di depan taman TOGA RW 012.  Lomba diikuti oleh siswa kelas 1-3 SD di sekitar RW 012 dengan kuota terbatas dan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta diwajibkan untuk menggunakan masker selama lomba berlangsung, dan diberlakukan jaga jarak pada posisi kursi peserta.

Program ini merupakan subtema dari tema besar kelompok “Pemberdayaan Masyarakat mengenai Protokol Kesehatan COVID-19”. Tujuan diadakannya program ini yaitu sebagai sarana menyalurkan kreativitas anak, serta meningkatkan kesadaran anak-anak akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Lomba diselenggarakan selama satu jam, kemudian dilanjutkan dengan permainan tebak-tebakan dan pengumuman pemenang.

Saat pemenang lomba diumumkan, mahasiswa meminta para pemenang (juara I, II, dan III) untuk menceritakan apa yang digambarnya. Talitha (juara II), misalnya, menceritakan karyanya yang menggambarkan situasi saat mengantri di pasar swalayan, dan bagaimana posisi masker yang tepat dan salah yang digunakan oleh masyarakat. Peserta lain (juara I) menggambar bagaimana memakai masker dan mencuci tangan yang benar. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa alat tulis untuk sekolah serta hand sanitizer.

Anak-anak mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan antusias tinggi. Semua anak sudah mempersiapkan alat gambar dan alat warna dari rumah masing-masing, dan datang ke lokasi secara tepat waktu. Pada saat selesai kegiatan, mahasiswa membagikan bingkisan anak-anak berupa cemilan sebagai bentuk apresiasi antusiasme seluruh peserta lomba.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari Ketua Kader Kesehatan RW 012 Kelurahan Jatiwaringin, Apriyani Rahayu.

“Alhamdulillah.. Terima kasih atas kerjasamanya di lingkungan kami sehingga terealisasikan program lomba menggambar tentang protokol kesehatan untuk anak-anak SD, tambah maju dan sukses selalu, semangat!” kata Apriyani.

Penulis : Philomena Larasati Adilasari – Fakultas Kesehatan Masyarakat