Banjir Meresahkan Tajemsari, Sumur Resapan menjadi Solusi

Diskusi mengenai desain sumur resapan dengan Perangkat Desa Tajemsari

Grobogan(03/02/2022) – Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun Angkatan 2021/2022 mengusung program kerja mengenai sumur resapan di Desa Tajemsari yang bisa berguna untuk menanggulangi bencana banjir yang kerap terjadi di Desa Tajemsari saat curah hujan yang tinggi.

Permasalahan yang ada di Desa Tajemsari adalah rawannya Desa Tajemsari terhadap bencana banjir. Kondisi geografi Desa Tajemsari berbentuk seperti mangkuk karena diapit oleh 3 sungai besar yang masing-masing memiliki tanggul yang cukup tinggi, sehingga air hujan sulit untuk dialirkan dan memicu terjadinya banjir. Dengan melihat permasalahan tersebut, dipilihlah program kerja mengenai sumur resapan sebagai alternatif penanganan bencana banjir yang bisa datang sewaktu-waktu.

Desain sumur resapan Desa Tajemsari yang direncanakan

Seminar ini merupakan penyelenggaraan program kerja dari beberapa mahasiswa KKN Tim I Undip TA 2021/2022. Peserta seminar meliputi anak-anak, remaja, pemuda dan bahkan dihadiri perwakilan dari orang tua masyarakat Desa Tajemsari. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan edukasi mengenai bagaimana cara menangani atau memberikan pertolongan terhadap pecandu narkoba.

Pelaksanaan pemaparan ini sendiri diharapkan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat dalam memahami apa itu narkoba, dampakya, dan cara penangananya. Pemaparan ini tidak hanya berguna bagi pemuda-pemdudi tapi juga orang tua, sehingga masyarakat lebih cerdas lagi dalam menangani para pecandu narkoba.

Penulis : Uki Adi Saputro

DPL : Dyah Wijaningsih, S.H., M.H.