PERANGI NARKOBA! MAHASISWA UNDIP LAKUKAN EDUKASI KEPADA REMAJA DAN ANAK USIA DINI TENTANG NARKOBA DAN CARA PENCEGAHANNYA

Kediri (10/2) – Saat ini bahaya dan dampak narkoba semakin meresahkan, bahaya ini telah menjadi ancaman serius bagi generasi masa depan. Sasaran narkoba saat ini bukan hanya usia dewasa, melainkan juga telah menyasar asa usia remaja dan anak-anak. Terdapat beberapa kasus makanan dan jajanan yang terindikasi mengandung jenis narkotika. Melihat kasus tersebut, diperlukan penyampaian informasi kepada remaja dan anak usia dini dengan penyampaian sesuai dengan usia sasaran tentang narkoba dan modus-modus bandar.

Dalam pemantauan kondisi existing masyarakat, sosialisasi dan edukasi mengenai narkoba masih cenderung minim. Maka dari itu Anastasya Ferronica Putri Prasetyo, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Jurusan S1 Kesehatan Masyarakat di bawah Bimbingan Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum. mengadakan sosialisasi terkait bahaya narkoba dan pencegahan penyalahgunaan narkoba kepada kalangan remaja dan anak usia dini Kelurahan Kaliombo guna mewujudkan generasi muda yang cerdas, bersih dan sehat tanpa narkoba.

Pada kegiatan edukasi yang dilakukan menggunakan media power point, disampaikan tentang apa itu narkoba serta dampak dan bahaya dari narkoba. Disamping itu, juga disampaikan langkah-langkah yang dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penyalahgunaannya termasuk penyampaian modus modus yang dilakukan oleh bandar narkoba yang dapat menyasar anak-anak usia dini.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan para remaja dan anak usia dini dapat berhati-hati dan selalu menghindari penyalahgunaan narkoba

Penulis: Anastasya Ferronica Putri Prasetyo Kesehatan Masyarakat 2018
Dosen Pembimbing : Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum
RT 02/RW 02 Kelurahan Kaliombo, Kecamatan Kota, Kota Kediri
KKN TIM 1 2021/2022  Universitas Diponegoro