TINGKATKAN SIKAP KRITIS PELAJAR! MAHASISWA KKN TIM 1 UNDIP MENGANGKAT PROGRAM KERJA TENTANG PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MELALUI LITERASI BACA TULIS

Pelaksanaan KKN TIM I Undip TA 2021/2022 dimulai sejak tanggal 5 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022 dengan mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDGs”. Tim P2KKN Undip berupaya agar mahasiswa bisa bersinergi dengan masyarakat sesuai dengan ilmu yang didapat selama masa studinya. Salah satu tujuan KKN yaitu mahasiswa tetap bisa mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang Pengabdian Masyarakat.

Permasalahan literasi di Indonesia masih dikatakan sangat rendah. Dilansir dari  tribunnews.com, Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assassment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and  Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati ranking ke 62 dari  70 negara  berkaitan dengan lietasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki dengan tingkat literasi rendah.  Dirjen Aptika menekankan bahwa yang perlu diperhatikan dalam melakukan literasi adalah kepada siapa saja harus diliterasi, apa yang harus diberikan, dan bagaimana proses literasi berlangsung.

Sebagian besar anak-anak sekolah menengah pertama (SMP), ketika melihat sebuah tayangan berupa film, banyak yang belum bisa memberikan pendapatnya mengenai bagus tidaknya isi tayangan tersebut. Selain itu, mereka juga masih sekadar menonton tanpa mengetahui nilai-nilai apa saja yang dapat di ambil di dalam film. Anak-anak menjadikan tayangan yang ditontonnya hanya sebatas hiburan semata. Program kerja ini diadakan sesuai dengan tujuan dari SDGs nomor 4, yaitu Quality Education (Pendidikan berkualitas). Hal tersebut dikarenakan apabila literasi baca tulis anak tertanam dengan baik dan sedini mungkin, maka anak dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatnya untuk menjalankan kehidupan sehari-hari dengan baik.

Pendampingan Menulis Ulasan Film Pendek Edukasi Tentang Covid-19

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kalangan pelajar, Sindi Nurkhairunisa mahasiswa KKN TIM I UNDIP mengadakan program kerja mengenai literasi baca tulis guna menumbuhkan sikap kritis. Kegiatan ini dilakukan di SMP 10 Hasanuddin Semarang. Rangkaian program kerja ini, yaitu : sosialisasi dan pengenalan apa itu literasi, menonton film pendek edukasi, pengajaran cara menulis yang baik berdasarkan PEUBI, dan pendampingan dalam menulis ulasan film yang telah ditonton. Sosialisasi dilaksanakan langsung di tempat pada tanggal 3 Februari 2022. Agenda selanjutnya yaitu dengan menonton film untuk bahan praktik menulis paragraf ulasan.

Kegiatan hari berikutnya yaitu, melaksanakan kelanjutan program kerja berupa pendampingan menulis. Secara garis besar, pendampingan ini memberi arahan mengenai penulisan yang baik dan benar agar sesuai PUEBI. Disini, siswa diminta untuk menulis apa yang telah ditonton, agar mengetahui seberapa paham siswa dalam menangkap isi film. Setelah dua kali pertemuan tatap muka langsung, kegiatan selanjutnya  dilaksanakan melalui pertemuan virtual atau daring. Kegiatan daring dilakukan melalui Whatapp group dengan para siswa.

Program kerja ini dapat diimplementasikan ke depannya oleh para pelajar, sehingga apa yang dibaca, dilihat, dan didengar bisa terserap dengan baik. Hasil dari rangkaian program kerja ini yaitu, berupa tulisan para siswa mengenai ulasan film yang telah ditonton. Tulisan tersebut bertujuan agar siswa termotivasi untuk mulai suka menulis dan menghasilkan sebuah karya. Selama kegiatan berlangsung, siswa cukup antusias dan juga bersemangat baik ketika pertemuan secara langsung maupun pertemuan melalui virtual. Melalui menulis paragraf yang telah diajarkan, pelajar bisa lebih mengetahui tentang pentingnya berpikir kritis dan juga dalam penulisan sesuai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Penulisa : Sindi Nurkhairunisa (Mahasiswa Sastra Indonesia UNDIP)

DPL : Aghus Sofwan, S.T., M.T,. Ph.D

Lokasi Kegiatan : SMP Hasanuddin 10 Semarang