Mahasiswa KKN TIM I UNDIP membuat Perencanaan Desain Penataan untuk Penanaman Hidroponik di RW-6 Kelurahan Jomblang

Jomblang, Semarang (09/02/2022) – Pelaksanaan kegiatan KKN Tim I Universitas Diponegoro 2021/2022 berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan secara luring (luar jaringan)dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 berbasis SDGs”. Lokasi KKN Tim I UNDIP tersebar di berbagai wilayah, salah satunya yaitu di Kota Semarang. Salah satu program kerja mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP yaitu SDGs (Sustainable Development Goals) dengan judul yang diangkat adalah perencanaan desain penataan untuk penanaman hidroponik di RW-6 Kelurahan Jomblang.

Indonesia merupakan negara tropis yang artinya dalam setengah tahun akan mengalami hari-hari tanpa hujan dan setengahnya akan dilalui dengan hujan hampir setiap hari. Jika membuat tanaman hidroponik pasti akan kena hujan. Pada dasarnya, tanaman hidroponik bisa saja terkena air hujan. Namun bertanam hidroponik sedikit berbeda dengan menanam di tanah. Jika tanah, akar akan menyebar di dalam tanah dan mengikat kuat. Sehingga bagian bawah dari tanaman cukup kuat. Berbeda dengan hidroponik, akar tidak memiliki cengkeraman yang cukup kuat untuk menahan beban batang dan daun. Kekuatan hanya pada netpot yang membantu untuk menopang batang tanaman. Kecuali ada tambahan media berupa kerikil atau hidroton. Tanaman hidroponik bisa terkena air hujan, tetapi akan lebih rentan untuk rusak dan menjadi tidak enak untuk dipandang. Jadi peran bangunan untuk melindungi tanaman hidroponik cukup penting.

Bangunan untuk tanaman hidroponik atau biasa disebut dengan “Green House” merupakan sebuah pelindung tanaman yang berbentuk bangunan layaknya sebuah kabin mini. Tujuan pembuatannya adalah untuk membantu perawatan tanaman agar terhindar dari cuaca tak menentu dan kandungan jahat di dalam udara.

Diskusi Program Kerja yang Dilakukan Bersama Pak RW-06 dan Ibu-Ibu Pengurus Bank Sampah Lestari
Observasi Lokasi

Pembuatan desain ini bertujuan untuk membuat rancangan berupa desain tempat dengan memanfaatkan lahan yang belum digunakan di sebelah Bank Sampah Lestari RW-06 Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Pak Rion selaku Ketua RW-06 sangat antusias dengan program kerja ini karena sangat bermanfaat dan sangat di butuhkan di Bank Sampah Lestari. Terdapat 2 macam rancangan desain yang dibuat yaitu greenhouse kecil dan greenhouse besar.

Penulis  : Afifah Zafirah Siregar

DPL      : Ir. RTD. Wisnu Broto, MT

Lokasi   : Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang