Lahan Semakin Sempit, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Berikan Solusi Penghijauan di Lahan Terbatas Melalui Vertical Garden

Semarang (10/02/2022) — Lahan hijau merupakan salah satu unsur penting dalam keberlangsungan kehidupan di suatu wilayah. Vegetasi yang ada di dalamnya memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya mengurangi polusi udara, menghasilkan oksigen, dan penyeimbang ekosistem. Namun seiring dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi, semakin padat pula permukiman terutama di wilayah perkotaan yang merenggut lahan penghijauan sedikit demi sedikit.

Beberapa upaya perlu dilakukan untuk tetap mempertahankan lahan hijau dan melestarikan lingkungan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan-lahan terbatas pada skala perumahan untuk dijadikan lahan penghijauan. Salah satunya adalah dengan menciptakan vertical garden atau taman vertikal dengan memanfaatkan bidang-bidang tegak pada bangunan untuk dijadikan taman.

Upaya tersebut terwujud dalam salah satu program kerja KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim 1 UNDIP 2021/2022 yaitu sosialisasi mengenai vertical garden sebagai solusi penghijauan di lahan terbatas pada skala perumahan di Kelurahan Wonodri, Semarang Selatan, Kota Semarang. Program tersebut dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi secara door to door di lingkup RW 06 Kelurahan Wonodri. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan pemaparan singkat mengenai vertical garden dan pembagian booklet sebagai media edukasi mengenai materi terkait.

Sosialisasi mengenai vertical garden pada salah satu warga RW 06 Wonodri

Sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran warga akan pentingnya penghijauan dan dapat diterapkan meskipun di lahan yang terbatas sekalipun. Vertical garden–dengan beberapa manfaatnya seperti meningkatkan kualitas udara, menambah estetika bangunan, dan mengurangi kebisingan dapat memberikan dampak positif bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Selain itu, menanam tanaman dengan metode vertical garden juga dapat menjadi salah satu penyaluran kegiatan positif selama masa pandemi.

Lokasi: RW 06 Kelurahan Wonodri, Semarang Selatan, Kota Semarang

Penulis: Lianny Albar

Dosen Pembimbing Lapangan: Arwinda Nugraheni, S.KM., M.Epid.