Waspada Penularan Covid-19 di Tempat Ibadah, Mahasiswa Undip Memberikan Edukasi Mengenai Protokol Kesehatan Beribadah di Masjid dan TPQ RW 13 Kelurahan Gisikdrono.

SEMARANG (10/02/2022) – Masjid sebagai fasilitas umum dimana warga beribadah sekaligus berkumpul, memiliki potensi yang tinggi sebagai salah satu klaster penularan virus Covid-19.  Situasi semakin mencemaskan ditambah lagi dengan adanya wabah varian Covid-19 baru yakni Omicron yang sudah banyak menjangkit penduduk di kota-kota besar di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan peningkatan kewaspadaan warga terhadap wabah virus ini dan menerapkan protokol Covid-19. Salah satunya adalah dengan upaya yang dilakukan oleh salah satu Mahasiswa Undip untuk melakukan edukasi kepada warga RW 13 Kelurahan Gisikdrono mengenai Protokol Covid-19 di tempat ibadah, terkhusus masjid, yang diperuntukan baik bagi jama’ah maupun pengurus masjid.

Kegiatan dilaksanakan pada TPQ Miftahul Hidayah yang terletak pada RT 5 RW 13 Kelurahan Gisikdrono. Pemberian materi edukasi dibantu dengan media berupa poster infografis yang informatif dengan gambar-gambar pendukung yang juga akan di pajang di pintu masuk Masjid. Anak-Anak TPQ antusias mendengarkan materi yang dijelaskan dan pelaksanaan dilakukan pada du akelas yang berbeda. Setelah melakukan edukasi kepada anak-anak di TPQ, kemudian poster diserahkan kepada Pak Mahfud selaku Pengurus Masjid RW 13 dan juga dijelaskan bagaimana protokol Covid-19 yang harus diperhatikan oleh pengurus masjid. Poster yang diberikan ada 2 buah yakni yang pertama dengan judul Pencegahan Penularan Covid-19 di Masjid/Mushola dan yang kedua mengenai Protokol Kesehatan Beribadah di Masa Pandemi Covid-19 dengan menyesuaikan protokol yang dianjurkan oleh WHO dan pemerintah.

Edukasi Protokol Kesehatan Beribadah Pada Masa Pandemi Covid-19 Kepada Anak-Anak TPQ Miftahul Hidayah
Penyerahan Poster Kepada Pengurus Masjid

“Semoga poster yang mbak berikan bisa meningkatkan kesadaran warga disini untuk menerapkan protokol Covid-19 jug bagi kami selaku pengurus masjid, terimakasih banyak mbak.” Ujar Bapak Mahfud selaku Pengurus Masjid RW 13 Kelurahan Gisikdrono.  Dengan adanya penempatan kedua poster ini di pintu masjid, diharapkan warga meninggalkan tradisi lama dan semakin menerapkan protokol Covid-19, yakni saat beribadah dan berkumpul memakai masker, melakukan social distancing, dan mencuci tangan setelah berjabat tangan ataupun berinteraksi dengan orang lain. Selain itu meningkatkan kesadaran kepada pengurus masjid untuk memperhatikan kebersihan masjid dan memberikan penanda untuk jaga jarak pada shaft-shaft shalat.  

Penulis: Maharani Rachma Savitri

DPL: Dra. Puji Astuti., M.si

Lokasi: Kampung Seni dan Budaya, Jl Jatisari Raya, RW 13, Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat