Pentingnya Mengetahui Bahaya NAPZA bagi Penerima Manfaat Panti Pelayanan Sosial PGOT “Mardi Utomo”

Tembalang (17/01/2022). Kasus penggunaan narkotika semakin meningkat di Jawa Tengah. Data statistik membuktikan bahwa kasus penanganan narkotika per tahun sampai 2020 meningkat hingga 21 kasus. Pada dasarnya penyalahgunaan narkoba tidak memandang usia. Bagi semua kalangan sangat memungkinkan untuk terdampak penyalahgunaan narkoba. Khususnya bagi orang yang kurang memahami mengenai bahaya narkoba. 

Panti Pelayanan Sosial PGOT “Mardi Utomo” mempunyai banyak Penerima Manfaat dari berbagai kalangan. Dengan banyaknya latar belakang yang berbeda dari Penerima Manfaat, tidak menutup kemungkinan apabila lingkungan sosial dari Penerima Manfaat mempunyai lingkungan yang kurang baik yang dapat mengarah kepada penyalahgunaan narkoba. Oleh karena itu sangat penting bagi Penerima Manfaat PPS PGOT untuk mendapatkan informasi yang menarik dan edukatif mengenai penyalahgunaan narkoba. 

Pada 17 Januari 2022, TIM 1 KKN UNDIP berkesempatan untuk mengisi kegiatan penyuluhan bahaya penggunaan NAPZA bagi Penerima Manfaat PPS PGOT “Mardi Utomo”. Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa dengan berbagai disiplin ilmu yang berbeda menjelaskan mengenai penyalahgunaan narkoba. Ddimulai dari asal usul dan pemicu narkoba bisa disalahgunakan bagi orang-orang. Hingga ditutup oleh teman-teman mahasiswa dari Fakultas Hukum mengenai peraturan dan hukum di Indonesia apabila terjerat kasus penyalahgunaan narkoba. Dipertengahan kegiatan juga dilakukan permainan bersama. Sehingga, kegiatan dapat lebih menarik perhatian dan tidak membosankan bagi para Penerima Manfaat.

Poster dan Banner Penyuluhan Bahaya NAPZA

“Kepada bapak-ibu sekalian diharapkan untuk memperhatikan materi yang disampaikan oleh mahasiswa supaya bisa paham mengenai bahaya narkoba” Ucap Ibu Rini selaku Seksi Bimbingan Penerima Manfaat. 

Harapannya dengan kegiatan penyuluhan Narkoba ini para Penerima Manfaat dapat memahami dan menyadari mengenai pentingnya penyalahgunaan narkoba. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik lagi.

Penulis : Arisyi Saiful Auzan