WASPADA!!! Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba Pada Remaja

Narkoba dan obat-obatan yang mengandung zat terlarang dapat menjadi berbahaya ketika disalahgunakan. Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan obat-obat terlarang. Sebagian besar dari pengguna narkoba tidak menyadari efek buruk yang menghantuinya. Mereka hanya tergoda merasakan kesenangan sesaat sebagai pelarian dari permasalahan hidup yang dihadapinya. Padahal, efek narkoba bukan perasaan menenangkan yang bikin nagih saja. Bahayanya bahkan bisa merusak kesehatan fisik dan kejiwaan seseorang.

Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa di kemudian hari. Permasalahan tersebut tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus, apalagi di lingkungan masyarkat RW 09, Kelurahan Gajah Mungkur, Kecamatan Gajah Mungkur, Kabupaten Semarang, Semarang yang masih minim pengetahuan mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba.

Menanggapi permasalahan tersebut, Belasyanov Utomo Helmy Dhiazaman (21), Mahasiswa Program Studi Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, sebagai TIM KKN I Universitas Diponegoro Tahun 2022 melakukan sosialisasi kepada Masyarakat RW.09, Kelurahan Gajah Mungkur, khususnya bagi remaja. Sosialisasi dilakukan terkait bahaya narkoba melalui media poster sebagai bentuk upaya dalam memerangi status darurat narkoba di Indonesia. Poster terkait bahaya narkoba ditempel di sekitar wilayah RW 09 Kelurahan Gajah Mungkur terutama di tempat berkumpul remaja seperti taman dan pos siskamling setiap RT.

Diharapkan dengan adanya program KKN ini, masyarakat RW.09, Kelurahan Gajah Mungkur, Kecamatan Gajah Mungkur, Kabupaten Semarang dapat meningkatkan kesadaran tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan tidak akan terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba demi mewujudkan Indonesia bebas dari status darurat narkoba.

Penulis : Belasyanov Utomo Helmy Dhiazaman

DPL : Aghus Sofwan S. T., M. T., Ph. D.