CEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA, MAHASISWA KKN TIM I UNDIP LAKUKAN SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA DI SDIT CAHAYA HATI, KELURAHAN PAKAN LABUAH, KOTA BUKITTNGGI

Pakan Labuah, Bukittinggi (28/01/2022) – Dilansir dari laman BNN, narkoba adalah zat atau obat yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran dan halusinasi. Hampir seluruh rakyat Indonesia mengetahui tentang narkoba. Dalam hal ini narkoba selalu dihindari karena berbahaya dan dapat membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi kecanduan. Saat ini penyalahgunaan narkoba telah merambah keseluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali dengan remaja. Dimana setiap tahunnya kasus penyalahgunaan narkoba oleh remaja di Indonesia terus menerus meningkat.

Kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba di SDIT Cahaya Hati,
Kelurahan Pakan Labuah

Sebagai upaya mencegah penyalahgunakaan narkoba khususnya pada generasi muda, Mahasisa KKN TIM I Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba pada siswa-siswa SDIT Cahaya Hati Kelurahan Pakan Labuah. Sosialisasi narkoba dilakukan dengan cara melakukan pemaparan materi dengan menggunakan bantuan media informasi berupa PPT tentang bahaya narkoba dan diakhiri dengan memberikan beberapa soal kuis. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan kuis akan diberikan hadiah, sehingga semua siswa nantinya akan antusias saat kegiatan kuis berlangsung.

Suasana Saat Kuis Berlangsung

Dengan adanya sosialisasi bahaya narkoba ini diharapkan dapat memperluas wawasan siswa tentang dampak bahaya narkoba dan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Diakhir acara KKN TIM I Universitas Diponegoro melakukan foto bersama dengan guru-guru SDIT Cayaha Hati dan melakukan pemasangan poster bahaya narkoba di mading sekolah.

Foto Bersama dengan Guru-Guru SDIT Cahaya Hati, Kelurahan Pakan Labuah

Penulis: Shofia Malta (S1-Perencanaan Wilayah dan Kota)

DPL: Nenik Woyanti, S.E., M.Si

Lokasi: SDIT Cahaya Hati, Kelurahan Pakan Labuah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi