APLIKASI PEDULI LINDUNGI, SUDAHKAH DIMANFAATKAN SECARA MAKSIMAL ?

Aplikasi PeduliLindungi merupakan sebuah aplikasi berbasis mobile yang diinisiasi oleh Kementrian BUMN bersama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dan PT Telkom Indonesia. Aplikasi PeduliLindungi diluncurkan dengan harapkan dapat membantu pemerintah dalam proses tracking kasus Covid-19 di Indonesia ini. Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Aplikasi PeduliLindungi memiliki 9 fitur yaitu paspor digital, QR Code untuk check-in, notifikasi zona risiko, E-HAC, pengawasan/pelacakan, statistik kasus Covid-19, pendaftaran vaksin dan diary perjalanan. Melalui Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 171 Tahun 2020, menetapkan penggunaan Aplikasi PeduliLindungi pada tempat-tempat umum meningkatkan pengguna aplikasi ini meningkat hingga saat ini.

Masyarakat di Indonesia, memanfaatkan fitur QR Code pada aplikasi PeduliLindungi untuk dapat memasuki tempat atau fasilitas publik, seperti pusat perbelanjaan, tempat makan, tempat olahraga dan lainnya. Fitur ini memang sangat populer dan paling sering digunakan oleh masyarakat. Akan tetapi, banyak fitur dari aplikasi ini yang belum diketahui oleh masyarakat , khususnya masyarakat Kelurahan Kadipiro, Kota Surakarta sehingga aplikasi PeduliLindungi tidak memberikan manfaat yang berarti oleh masyarakat.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro asal Kelurahan Kadipiro, Kota Surakarta, mengajak masyarakat di daerahnya untuk memanfaatkan aplikasi PedluiLindungi secara maksimal. Melalui program KKN Universitas Diponegoro yaitu sosialisasi dan edukasi aplikasi PeduliLindungi kepada masyarakat RT001/RW019, Kelurahan Kadipiro, Kota Surakarta, membuat warga setempat terbantu serta teredukasi mengenai pemanfaatan aplikasi PedluiLindungi. Sebagian besar warga setempat hanya mengetahui aplikasi PeduliLindungi hanya digunakan untuk mengakses tempat umum seperti pusat perbelanjaan dan rumah makan. Warga setempat terbantu dengan adanya program KKN tersebut sehingga sekarang dapat memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi secara maksimal. Seperti pada akhir ini sudah mulai marak Vaksin Booster Covid-19 atau Vaksin ketiga untuk masyarakat biasa. Masyarakat setempat dapat mengetahui tiket vaksin tersebut sudah dimiliki oleh masyarakat atau belum melalui fitur histori dan tiket vaksin, yang sebelumnya banyak belum diketahui oleh masyarakat.